Sabtu, 03 Maret 2018

Seiring perkembangan zaman, era globalisasi telah membawa perubahan dengan munculnya revolusi informasi melalui televisi, ponsel, dan internet.  Hal ini berdampak langsung dalam berbagai lini kehidupan termasuk dalam bidang penyelenggaraan pendidikan di semua tingkat satuan pendidikan. Mau tidak mau, suka atau tidak suka, kita memang harus membuka diri terhadap segala perubahan, kemajuan dan kecanggihan teknologi, sehingga kita mampu bersaing di skala internasional.
Pentingnya Melek Teknologi
Dewasa ini, negara yang menguasai teknologi akan menjadi sebuah negara yang maju. Kemajuan teknologi yang semakin pesat menjadi tantangan tersendiri bagi kita. Hal tersebut bukan tanpa alasan. Dengan menjadi orang yang selalu update terhadap perkembangan teknologi, maka kita dapat menerima informasi lebih cepat, juga mampu mempermudah komunikasi tanpa dibatasi jarak, ruang dan waktu. Meski demikian, kita tetap dituntut untuk lebih positif dan kreatif dalam memanfaatkannya.
Salah satu perkembangan terbaru dalam bidang ini ialah teknologi multimedia. Teknologi multimedia mampu memberikan dampak positif yang cukup besar khususnya dalam dunia pendidikan.
Berbicara tentang pendidikan, sudah sepatutnya kita turut memperbaiki kualitas pendidikan kita. Saat teknologi berkembang dan hampir semua orang memiliki ketergantungan padanya, maka pendidikan kita mau tidak mau harus memanfaatkan teknologi sebagai medianya. Apalagi di era yang serba digital ini, materi belajar tidak lagi hanya bersumber dari buku teks yang dibagikan di kelas saja, namun juga bisa didapatkan dari berbagai sumber di internet. Saya sebagai seorang guru merasa sangat terbantu dengan kecanggihan teknologi sekarang. Peserta didik pun lebih tertarik belajar sehingga tidak jenuh dengan metode pembelajaran konvensional.
Memaksimalkan Teknologi dalam Memperkaya Pengalaman Belajar
Hadirnya teknologi bukanlah sebuah hal yang mesti dihindari. Namun lebih dari itu, teknologi harus disambut dengan baik dan dimaksimalkan penggunaannya. Di dalam kelas, guru dapat menggunakan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar. Materi tidak hanya disampaikan dengan cara lama, di mana guru lebih banyak bicara dan menulis di depan kelas. Sementara murid terus mencatat apa yang disampaikan dan ditulis gurunya.
Dengan teknologi khususnya internet dan multimedia, guru dapat menghidupkan antusias dan rasa ingin tahu siswa di kelas. Misal, penggunaan media interaktif dengan memutar video ataupun lagu. Saya yakin, metode belajar mengajar seperti ini akan membuat suasana kelas lebih hidup. Dengan variasi gaya mengajar yang kekinian dengan menggabungkan teknologi digital, akan membuat siswa gemar belajar dan mengerjakan tugas. Dengan demikian, tingkat keberhasilan siswa dalam belajar juga akan meningkat.
Tidak dapat dipungkiri, bahwa saat ini, kita hidup di dunia dalam lingkaran teknologi. Begitu pula dengan mereka yang lahir antara tahun 1995-2011. Generasi ini kemudian dikenal dengan nama Generasi Z. Generasi ini juga dikenal sebagai generasi internet dan Digital Natives.
Nielsen, lembaga riset dan media informasi asal Inggris merilis hasil surveinya pada 26 Juli 2017 lalu melalui laman websitenya. Survei yang dilakukan terhadap lebih dari 17.000 orang dari 11 kota di Indonesia pada usia 10 tahun ke atas ini menghasilkan laporan yang menyatakan bahwa pada tahun 2017 lalu, generasi Z (generasi anak umur 10-19 tahun) menduduki peringkat kedua pengguna internet terbesar di Indonesia. 


Berdasarkan data di atas, tentu kita dapat memahami bahwa sebagian besar orang sudah menyukai teknologi internet. Maka seharusnya internet dimanfaatkan untuk menggali berbagai informasi positif dan edukatif.  Jika kita mampu memberdayakan teknologi dengan baik, maka kita akan bisa merasakan manfaatnya. Berikut salah satu contoh manfaat teknologi dalam dunia pendidikan. 

Rumah Juara sebagai Media Belajar yang Tepat
Berhubung teknologi internet telah melejit, maka kegiatan belajar mengajar pun telah banyak dilakukan secara online. Selain itu, hadir pula berbagai situs yang menjadi wadah pemecah persoalan siswa dalam belajar, juga mempermudah proses belajar peserta didik, salah satunya adalah Rumah Juara. Rumah Juara memiliki tiga fitur utama, yaitu media interaktif, ebook, dan bank soal. Untuk dapat mengaksesnya, kita diharuskan memiliki akun di Rumah Juara. Di sini, saya mencoba membuat akun dengan  mendaftar sebagai orangtua.
Adapun manfaat yang didapatkan cukup banyak. Dan yang pasti, rasa ingin tahu anak terhadap ilmu pengetahuan semakin besar. Anak pun semakin sering belajar di Rumah Juara menggunakan gadget yang ada di tangannya. 

Yuk, kita kupas satu persatu fitur utama dari Rumah Juara.
Pertama, ada media interaktif. Fitur ini berisi materi pembelajaran yang dikemas secara menarik sesuai dengan kurikulum pemerintah yang sedang berlaku, yaitu K13. Materi di dalamnya berupa video, audio, permainan interaktif, dan gambar-gambar visual yang membuat anak semakin gemar membaca.

Kedua, ada fitur ebook. Sebagai orangtua, saya tidak kesulitan lagi untuk menemukan buku-buku cerita anak/ dongeng. Karena di Rumah Juara, sudah tersedia banyak ebook parenting yang dapat diunduh secara gratis melalui aplikasi di Android.


Ketiga, ada fitur bank soal. Fitur ini cukup banyak membantu anak dalam berlatih persiapan ujian maupun mengasah kompetensinya. Terdapat ribuan soal yang secara acak akan ditampilkan melalui fitur ini.

Buat kamu yang saat ini berstatus sebagai orangtua dan memiliki anak yang duduk di bangku sekolah dasar, yuk segera daftar dan berlangganan aplikasi Rumah Juara. Aplikasi ini sedang dalam masa promo hingga Juni 2018. Jika harus membayar, cukup murah kok untuk pendidikan! Oh ya, sudah ada 4.500 pengguna yang juga berlangganan lho! Ini menunjukkan bahwa Rumah Juara adalah media pendidikan yang tepat bagi generasi yang tengah melek teknologi.
Nah, sedangkan bagi kamu yang memiliki profesi guru SD, kamu bisa ikut kontribusi di Rumah Juara. Bagaimana caranya? Yuk, pantau websitenya sekarang. Jangan sampai ketinggalan ya!  




15 komentar

Pada intinya internet itu baik,hanya kita perlu bijak menggunakannya.Misalnya dengan adanya Rumah Juara jelas manfaatnya,anak-anak bisa menggunakan gadget untuk belajar,bukan cuma untuk main game saja.

Mantap ya, infonya bisa membantu guru dan murid untuk belajar via internet ya

Melek teknologi perlu banget ini sangat membantu ortu membantu anak belajar ya

Zaman sekarang semuanya tersedia, serba praktis. tinggal kitanya yang mau memanfaatkan kemudahan yang ditawarkan atau tidak. Termasuk dalam dunia belajar mengajar ya mbak, contohnya saja aplikasi yang mbak ceritakan di atas

Nah,, cerdas menggunakan gadget, mau sebagai penunjang atau batu sandungan yang menjatuhkan. tinggal pilih dan seleksi porsinya. kalo ada aplikasi atau program yang bisa mendukung belajar anak ya kenapa enggak kan, fleksibel aja..

memang harus bisa memanfaatkan teknologi, apalagi semua serab gampang, bisa numpang wifi sekolah, hahaha

sebagai orang tua memang kita harus melek teknologi agar bisa mengikuti perkembangan zaman

Jangan sampai kalah dengan teknologi, harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Ada fitur ebooknya! Penting banget nih.

Wah... memang bener kita harus melek teknologi, walaupun generasi old tetap harus mengikuti perkembangan teknologi ya kak

Dengan terus berkembangnya teknologi informasi mau tak mau pasti akan ada dampak di kehidupan kita. Salah satunya dunia pendidikan. Dimana biasanya murid akan bertatap-muka dengan sang guru. Kini mereka bisa belajar dimana saja, kapan saja dengan cepat. Keren.

Yang paling utama adalah pengawasan dari orangtua dalam penggunaan teknologi (internet). utamanya untuk yang masih dibawah umur.. jangan sampai telalu bergantung dengN teknologi (gadget)

Ayo mbak lia kirimkan karyanya biar dapat smartphone siapa tau rejeki dedek bayi

Jadi kepengen kirim karya, mana tau dapat smartphone��

Iya mbk... skrg emg hrs melek literasi teknologi ya.. apalagi sbgai pengajar.. nice infp mbk.. 😊



Konversi Kode