Search

Trik Mencari Pinjaman Modal Usaha Tambahan

Trik Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha


Saat ini, banyak pengusaha yang butuh pinjaman modal usaha tambahan demi mempertahankan stabilitas bisnis yang dirintisnya, baik itu UMKM maupun skala bisnis besar. Ya, pandemi covid 19 memang telah membuat banyak usaha terseok-seok bahkan gulung tikar. Berbagai cara dilakukan agar bisnis tetap berjalan. Sebagian berhasil bertahan, namun sebagian lainnya terpaksa ikhlas akan hilangnya usaha yang telah dibangun.

Bagi yang bermental baja, keterpurukan saat ini bukanlah menjadi penghalang bangkitnya semangat untuk kembali menata bisnis. Selalu ada jalan asal mau berusaha, pun selalu ada kemudahan di setiap kesusahan. Maka di sini saya mencoba berbagi tips bagaimana cara agar bisnis kembali tumbuh dengan cara mencari pinjaman modal. Semoga saja bisa menjadi solusi bangkitnya bisnis teman-teman sekalian.

❤ Cara Mendapatkan Modal Tambahan ❤

Perlu diketahui bahwa yang namanya pinjaman tentu ada resikonya, baik besar maupun kecil. Namun kita bisa memilih pinjaman yang resikonya tidak begitu besar, atau bisa dikatakan yang minim resiko. Ini berguna agar pinjaman yang kita dapatkan tidak menyulitkan kita di masa yang akan datang. Nah, berikut cara mendapatkan pinjaman modal tambahan yang bisa dilakukan.

1. Bongkar Celengan

Sedia payung sebelum hujan
Sedia celengan sebelum sulit keuangan

Beruntunglah bagi orang-orang yang suka menabung. Karena ketika datang masa sulit, ia masih punya bekal untuk bertahan. Sebagian orang bahkan punya detail tabungan sehingga peruntukan tabungan itu jelas. Misal, seseorang punya 4 pos tabungan yakni tabungan pendidikan, tabungan jalan-jalan, tabungan masa depan dan tabungan infaq. Seseorang yang lain hanya punya satu pos tabungan yang targetnya untuk segala sesuatu yang ia perlukan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Keduanya baik. Yang penting judulnya menabung sedaya mampu, sesuai kapasitas pendapatan dan kebutuhan. 

Nah, ketika seorang pengusaha butuh tambahan dana untuk mengembangkan bisnis, maka hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melirik celengan. Uang tabungan yang sifatnya belum akan digunakan dalam waktu dekat bisa dijadikan sebagai tambahan modal usaha. Tetapi meski uang tabungan ini notabenenya adalah uang sendiri, sebaiknya tetap dicatat sebagai pinjaman. Sehingga kita wajib mengganti uang tabungan ini saat usaha telah berjalan lancar. Kelebihannya, meminjam celengan pribadi ini tidak punya jatuh tempo. Jadi bisa dibalikkan suka-suka. Tapi pengusaha yang baik adalah pengusaha yang memiliki target yang jelas. Maka sebaiknya tetap targetkan kapan harus bisa mengganti semua tabungan ini. Dengan begitu, semangat menjalankan usaha akan terpacu.

2. List Piutang

Barangkali ada satu atau beberapa orang yang pernah meminjam duit lalu belum dibayar atau orang yang pernah membeli produk/memakai jasa kita tapi belum dilunasi. Ini bisa dilist dan hitungkan berapa total duit kita yang tertanam pada orang lain. Setelah itu, mintalah dengan cara yang ahsan agar mereka segera membayarnya. Cara ini memang tidak mudah, sebab sebagian orang benar-benar belum bisa membayar. Tapi sebagian lain ada yang sebenarnya mampu bayar tapi sengaja dilama-lamakan. Maka perbanyaklah berdoa agar kiranya orang yang berhutang dilembutkan hatinya dan sadar akan kewajiban hutang, dan dimudahkan untuk segera menyelesaikan sangkutan hutang. Seberapapun jumlahnya, cukup membantu lho untuk menambah modal usaha.

Cara Mencari Pinjaman Modal Usaha

3. Lepaskan Aset

Bila keluarga memiliki emas baik batangan atau dalam bentuk perhiasan, maka emas itu bisa dijual untuk dijadikan modal. Tapi saran saya, bila emas itu berupa perhiasan, mintalah ridho istri atas perhiasan miliknya. Yakinkan bahwa perhiasan miliknya akan diganti saat usaha mulai profit. Tapi sebisa mungkin bukan emas mahar ya. 

Atau mungkin punya sebidang tanah, sepetak sawah, sekapling kebun, atau rumah cadangan, maka ini juga bisa dijual untuk tambahan modal. Ya semoga saja bisnis segera membaik dan aset-aset yang terjual itu bisa dibeli kembali bahkan mungkin lebih dari itu. 

4. Meminjam Dana Dingin

Jika celengan dan list piutang belum bisa menjadi solusi, maka carilah pinjaman dana dingin. Maksud dana dingin di sini adalah dana yang dipinjam dari orang yang kira-kira bisa meminjamkan uang tanpa memburu waktu dan tanpa tambahan nominal saat pinjaman dikembalikan. Biasanya ini bisa didapatkan dari orang-orang terintim seperti orang tua, uwak, pakde, saudara kandung, sepupu atau sahabat dekat. 

5. Buat Pengajuan Pinjaman Modal Usaha

Zaman sekarang sudah banyak sekali lembaga keuangan yang memiliki program peminjaman modal usaha, seperti bank, koperasi dan lembaga keuangan mikro. Cukup penuhi syarat yang ditetapkan, maka pinjaman dapat dicairkan dengan ketentuan tertentu pula. Setiap lembaga punya aturan, syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Tinggal kita yang milih mau berlabuh di mana. 

Etapi, ada yang lebih praktis lho, secara ini zamannya teknologi kan ya? Maka urusan pinjam meminjam pun sekarang bisa dilakukan sambil bersantai di rumah. Apalagi kalau bukan pinjaman yang bisa diurus hanya lewat sebuah aplikasi di mobile phone. Salah satunya adalah GoModal yang menjadi kabar baik bagi pengusaha khususnya pengusaha kuliner. 

❤ Berkenalan dengan GoModal ❤

GoModal launching pada September 2018 dengan nama Pinjaman Modal Usaha (PMU). Pinjaman GoModal merupakan program pinjaman modal usaha yang diperuntukkan bagi Mita Usaha Gojek terpilih yang telah terintegrasi dengan fitur GoFood. Pinjaman ini diberikan untuk membantu mengembangkan usaha mereka. Hebatnya, GoModal menyediakan fasilitas pinjaman usaha hingga 150 juta dengan pilihan jangka waktu cicilan mulai dari 2,3, 6 dan 12 bulan melalui aplikasi GoBiz

Namun untuk saat ini, pendaftran fitur GoModal yang kece ini baru bisa dilakukan hanya oleh Mitra Usaha Gojek saja ya, yang sudah terintegrasi dengan layanan GoFood dan merupakan mitra yang sudah lulus kualifikasi. Yang belum? Sabar dulu. Doakan saja semoga fitur GoModal ini segera melebarkan sayap. 


Adapun kriteria Mitra Usaha yang bisa mendapatkan GoModal adalah:

1. Hanya untuk Mitra Usaha Gojek dengan layanan GoFood yang sudah menggunakan aplikasi GoBiz.

2. Hanya untuk partner GoFood dengan peran pengguna Pemilik

3. Aktif transaksi dalam 3 bulan terakhir

4. Aktif transaksi minimal selama 20 hari setiap bulannya. 

Bagaimana? Sudah cukup kriteria? Segera ajukan pinjaman usaha agar usaha kuliner anda tetap eksis walau badai besar menerjang. 

Cara Mengajukan Pinjaman Usaha ke GoModal

Hanya dengan satu sentuhan jari kamu sudah bisa mendapatkan pinjaman usaha. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pastikan kamu sudah menginstal aplikasi GoBiz

2. Pilih ajukan pinjaman modal pada enu GoModal

3. Tentukan besar jumlah pinjaman dan jangka waktu cicilan

4. Sebelum dilanjutkan, cek dan konfirmasi kembali data diri kamu

5. Tanda tangani kontrak online dengan memasukkan nama, lalu kirim untuk lanjut ke proses pencairan.

6. Selesai! Modal usaha kamu sudah cair ke rekening dan bisa digunakan 

Biasanya setelah menandatangani kontrak dan menyelesaikan pengajuan, pencairan selambat-lambatnya ditunggu 2 hari. 

Kenapa Harus GoModal? Karena ini nih..


1. Pengajuan Mudah

Tak perlu bertele-tele. Cukup buka aplikasi Gobiz, maka urusan pinjaman kelar.

2. Proses pencairan cepat

Meskipun setelah tanda tangan kontrak pencairan ditunggu maksimal 2 hari, tapi rata-rata proses pencairan hanya membutuhkan waktu hingga 13 jam pada hari kerja. Oke nggak tuh?

3. Keleluasaan Pembayaran Cicilan

Cicilan bisa dibayar harian  langsung dari saldo GoBiz yang anda punya. Sedangkan pembayaran cicilan yang sudah melewati jatuh tempo dan pembayaran semua total cicilan yang sedang berjalan dapat dilakukan melalui BCA Virtual Account. 

Cayoooo...!! Semangat Mengembangkan Bisnis!


Pandemi memang telah merubah iklim bisnis besar-besaran. Jangankan usaha rumahan, beberapa perusahaan besar saja pun mengalami kebangkrutan. Imbasnya ya ke karyawan yang mesti menanggung pilu karena kehilangan pekerjaan. Tapi hidup mesti berjalan guys. Kalo untuk sekedar urusan perut, selagi kita bergerak berusaha, Yang Maha Kuasa sudah menjaminnya. 

Bangkitlah dan pikirkan bangaimana caranya menyelamatkan bisnis yang sudah mulai dirintis. Bisa dengan bermitra, berkolaborasi antara penyuplai dan reseller, hingga menambah modal usaha dengan melakukan ajuan pinjaman modal usaha tambahan. Boleh ke lembaga keuangan, boleh pula secara online. 

Beruntunglah bagi usaha kuliner yang sudah menjadi Mitra Usaha Gojek dan terintegrasi layanan GoFood. Karena GoBiz, melalui fitur GoModal-nya memberikan solusi agar usaha tetap bisa berkembang hingga mencapai titik impian sang empunya.

Tapi satu hal yang perlu digarisbawahi adalah saat melakukan pinjaman usaha, ukur terlebih dahulu kemampuan dan kapasitas diri. Sebab setelah pinjaman cair, kewajiban mencicil harus dilakukan. Jadi pilihlah jumlah dan jangka watu cicilan yang tidak akan menyulitkanmu di kemudian hari. Ini juga berguna untuk menjaga hubungan baik dengan mitra. 

Semoga tulisan ini bermanfaat dan usaha yang dibangun lancar, maju dan berjaya. 


27 komentar

  1. Saya baru tahu ada aplikasi seperti ini.
    Terima kasih ulasannya mba

    BalasHapus
  2. Aplikasi yang sangat membantu bagi pelaku usaha ya mbak. Tidak ribet dan lebih fleksible. Tapi harus tetap hati2 ya karena namanya pinjaman pasti ada plus minusnya.

    BalasHapus
  3. Wah baru tahu ada Go Modal. Semakin canggih saja nih aplikasinya, memudahkan pelaku usaha. Semoga semakin maju dan berkembang nih usahanya

    BalasHapus
  4. Iya mbak saat mau membuka usaha itu yang harus dipikirkan terlebih dahulu adalah modal. Terkadang binggung juga mau dapat modal dari mana. Rupaya sekarang ada go modal ya, jadi mempermudah bagi yang sedang cari pinjaman modal

    BalasHapus
  5. Aplikasi ini dibutuhkan oleh para pelaku usaha yang ingin melebarkan sayap jualannya. Tetap yang namanya hutang jangan lalai terlebih hutang dengan jasa online kayak gini, tetap savety.

    BalasHapus
  6. Walah, aku beneran baru ngeh sama go modal ini loh. Tapi meski ada kemudahan-kemudahan, aku setuju sama yang mbak paparkan sebelumnya, akan lebih baik kalau modal dari uang kita sendiri. Biar enggak kepikiran dan kalau (naudzubillahmindzalik) sesuatu terjadi kita enggak pusing harus bayar cicilannya

    BalasHapus
  7. Gomodal ini harus rekanan gojek ya..wah sekarang gojek bener2 ekspansi kemana2 sm pinjol begini ya...daebak

    BalasHapus
  8. Saya baru tahu ada GoModal. Pinjaman amankah Mbak? Nggak seperti pinjaman online lewat apliaksi yang saya dengar berita negatifnya belakangan ini?

    BalasHapus
  9. Ternyata ada juga model peminjaman modal pakai Gobiz ya. Makin lengkap.

    BalasHapus
  10. Selama ini baru makai Cara pertama Aja sih kalau mau nambah modal. Meski yang dibongkar keseringan dibongkar daripada ditambahi isinya wkwk. Wuiz baru tahu Ada GoModal. Terobosan baru nih dari GoBiz.. jadi lebih mudah yaa mau nyari modal

    BalasHapus
  11. Aku paling setuju dengan kalimat. Saat akan melakukan pinjaman, ukuran terlebih dulu kemampuan kita. Jangan sampai karena mengikuti keinginan, kita tergiur meminjam modal besar, tapi tidak sanggup dengan kewajiban membayar setelahnya.

    BalasHapus
  12. Gojek semakin meluas ya layanannya, wah. Ada juga GoPay Later. Semoga GoModal ini nggak menambah beban peminjam dengan beban kredit berlebihan jika lewat jatuh tempo.

    BalasHapus
  13. Pada baru tahu kalau ada fasilitas ini ya? Sama dong. Bisa banget ini direkom ke temen-temen yang punya usaha di gofood.

    BalasHapus
  14. Bisa banget dimanfaatkan oleh para mitra usaha Gojek ini ya ketika membutuhkan tambahan modal. Usaha bisa makin berkembang pesat ya.

    BalasHapus
  15. Meskipun bukan pengguna go company, tapi infonya keren, informatif sekali

    BalasHapus
  16. Ada masa kita emang butuh bantuan yg lain ya mba.. apalagi untuk modal usaha.. tapi ya emang semua harus dilakukan dgn bijak biar ga jadi beban. Melepas aset menurut saya pilihan yg paling pas selama itung2nya masuk biar ga sia2..

    BalasHapus
  17. Baru tahu ada GoModal ini. Bisa membantu para pengusaha untuk menambah modalnya agar bisa bertahan di masa pandemi ini ya, Mbak.

    BalasHapus
  18. Makin lengkap aja nih aplikasi GoBiz. Makin banyak membantu para pebisnia.

    BalasHapus
  19. aku yah baru tahu aplikasi ini loh, semoga emang bisa membantu

    BalasHapus
  20. Untuk celengan dan piutang biasanya agak sulit ya, soalnya kadang rada tidak tega. Harus lebih banyak ngelus dadanya. Kami biasa gunakan dana dingin itu. Aplikasi pinjaman modal ini menarik, asal ga kayak rentenir online aja. Soalnya ada teman yang punya pengalaman buruk soal pinjaman online ini.

    BalasHapus
  21. Wah iya mbak, beberpaa temanku yg baru membuat bisnis ukm juga menggunakan apkikasi ini...
    Katanya sangat membantu lho

    BalasHapus
  22. Wah aku baru tahu, semoga bisa bermanfaat buat mereka yg membutuhkan, mudah syaratnya dan ringan bagi hasilnya..

    BalasHapus
  23. Fitur GoModal ini kreatif ya kita sebagai pengusaha UMKM dimudahkan untuk meminjam dana modal usaha, tapi memang harus diperhatikan betul kemampuan kita membayar cicilan jangan sampai terjerat hutang

    BalasHapus
  24. Lepaskan aset itu ya harus siap sih ya kalau pengen modalin usaha. Selama masih ada aset yang bisa diuangkan sebaiknya nanti dulu pinjam ke pihak lain.

    BalasHapus
  25. Menarik. Bisa dicoba juga pakai aplikasinya ini ya

    BalasHapus
  26. Kalo dipikir-pikir ngelepas aset itu sebenarnya sayang, tapi kalo untuk usaha ya bagus juga sih ketimbang ngutang.

    BalasHapus
  27. Halo
    Kami adalah trader profesional, menghasilkan valas dan biner untuk investor setiap minggu, akan dengan senang hati memberi tahu Anda lebih banyak tentang platform investasi kami di mana Anda dapat menginvestasikan dana sesedikit $ 200 dan mulai menghasilkan $ 2000 setiap minggu, banyak orang telah mendapat manfaat dari penawaran investasi ini sebelum dan selama virus convid-19 ini, jika Anda melewati kesulitan keuangan karena coronavirus ini dan Anda perlu bantuan membayar tagihan, cukup pilih rencana investasi yang cocok untuk diri Anda sendiri dan mulailah menghasilkan keuntungan setiap minggu.

    $ 500 untuk menghasilkan $ 5.000 dalam 7 hari
    $ 1000 untuk menghasilkan $ 10.000 dalam 7 hari
    $ 5000 untuk menghasilkan $ 50.000 dalam 7 hari

    Untuk Mulai investasi Anda sekarang, hubungi Via whatsapp: (+12166263236)
    email: carlose78910@gmail.com

    BalasHapus