Search

5 Tips Berwisata Alam di Era New Normal

Ambun Tanai
doc. pribadi, Ambun Tanai, Sumbar


Era new normal seolah menjadi angin segar bagi sebagian besar masyarakat yang telah lama terkungkung di rumah saja. Orang-orang mulai sedikit leluasa keluar rumah.Bahkan tak sedikit di antaranya yang memilih pergi tamasya ke tempat-tempat favorit yang telah lama dirindukan. Sebenarnya, era new normal bukanlah era bebas seperti sedia kala. Masyarakat tetap harus mematuhi protokol kesehatan saat harus beraktivitas di luar rumah, termasuk saat pergi berwisata.Pun orang-orang yang bepergian keluar kota.

Bahkan, pendatang yang baru pulang dari luar kota atau luar negeri wajib melakukan karantina mandiri selama 14 hari sebelum akhirnya bertemu dengan banyak orang. Tujuannya agar kita bisa kembali beraktivitas seperti biasa, bahkan bisa berwisata ke tempat-tempat yang diinginkan. Nah, untuk berwisata ini, selain mematuhi standar protokol kesehatan, ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar keselamatan kita tetap terjamin. Apa saja tips-tips yang harus diperhatikan? Let's see..

5 Tips Aman Berwisata di Era New Normal

Kunjungi tempat yang tidak terlalu ramai

Tempat yang terlalu ramai bisa menjadi sarang penyebaran virus. Sejatinya, kamu juga tidak tahu seperti apa kondisi tubuh dari pengunjung lain. Maka dari itu, kunjungilah tempat wisata yang tingkat keramaiannya rendah, biasanya yang berada di lokasi agak di pedalaman. Selain waktu tempuhnya yang lama, kondisi jalannya juga sangat menantang, jadi orang lain malas mampir ke tempat wisata ini. Daripada waktu habis di perjalanan, lebih baik cari tempat yang lebih dekat. Kira-kira itulah yang ada di benak kebanyakan orang.

Hindari bepergian dengan transportasi umum

Bepergian dengan transportasi umum untuk liburan terlalu berisiko terhadap keselamatan. Sebaiknya gunakan kendaraan pribadi ke mana pun kamu pergi. Jika tidak ada, kamu bisa sewa mobil selama seharian khusus untuk liburan.

Selain aman, liburan dengan kendaraan pribadi juga lebih nyaman, bebas mengantri, dan kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata sekaligus, jadi tidak hanya fokus di satu tempat saja. Kalau dihitung-hitung, tentu lebih untung daripada naik transportasi umum.

Bawa makanan dan minuman masing-masing

Sekarang ini apa-apa sebaiknya disediakan sendiri, termasuk makanan dan minuman. Bukan untuk menghemat, tapi untuk menghindari penularan virus lewat makanan atau alat-alat makan. Apalagi yang berkunjung ke tempat wisata ada banyak.

Kalau memang tidak sempat menyiapkan bekal sendiri, kamu bisa beli tapi di warung atau supermarket yang dekat dengan rumah. Setelah itu, kamu bisa langsung semprot hand sanitizer untuk membunuh kuman yang mungkin menempel di bungkus makanan.

Pastikan ketersediaan tiket refund

Tips yang tidak kalah penting adalah tersedianya tiket refund bagi pengunjung yang batal berkunjung pada waktu yang sudah ditentukan. Kalau sewaktu-waktu kamu berhalangan pergi, tiket tidak otomatis hangus begitu saja. Kamu bisa kembalikan atau perpanjang masa berlakunya, jadi bisa liburan di lain waktu.

Memang, tiket yang menyediakan fasilitas refund agak lebih mahal dibandingkan tiket reguler. Tapi, bayar mahal sedikit demi kenyamanan diri sendiri jelas tidak ada salah. Coba perbanyak informasi mengenai cara refund tiket agar pengembalian dana nanti bisa utuh.

Tubuh 100% fit

Tips berwisata alam di era new normal terakhir adalah pastikan kondisi tubuh 100% dalam keadaan fit. Kalau tidak, urungkan niat untuk bepergian karena biasanya virus lebih mudah masuk dan berkembang saat tubuh sedang sakit.

Kalau kondisi tubuh tiba-tiba tidak fit sewaktu di perjalanan, kamu bisa beritahu kepada pengemudi supaya kamu segera mendapat pelayanan kesehatan di rumah sakit terdekat. Kalau tidak sanggup melanjutkan perjalanan, kamu bisa beristirahat saja sampai tubuh kembali fit.

Itulah 5 tips yang bisa kita terapkan agar perjalanan berwisata yang kita lakukan tetap aman dan nyaman. Kalau kekira kamu butuh kendaraan pribadi untuk kebutuhan wisata, kamu bisa gunakan jasa sewa mobil TRAC. Sebab TRAC di setiap mobil yang disediakan memiliki standar kebersihan dan higienitas yang baik. Di dalam kendaraan juga sudah disediakan hand sanitizer untuk menjamin kebersihan penumpang selama di perjalanan. 

Meski situasinya masih dalam pandemi Covid-19, bukan berarti kamu harus di rumah saja. Pergilah liburan, tapi jangan lupa terapkan tips berwisata alam di era new normal di atas untuk menjamin keselamatan kamu. Perbanyak juga informasi mengenai destinasi wisata sebelum bepergian. Yang satu ini mungkin bisa jadi pilihan destinasi saat ini. 




Tidak ada komentar

Posting Komentar