Search

Tips Menghemat Listrik AC di Rumah

AC Hemat Listrik

Dewasa ini, sudah jarang masyarakat yang menggunakan kipas angin untuk penyejuk di dalam ruangan. Sebagian besar diantaranya memilih memakai AC karena hasilnya memang lebih optimal di dalam mendinginkan suhu ruangan. Apalagi orang yang tinggal di daerah laut atau kota yang padat, dimana cuacanya memang sangat panas, tentu AC menjadi idaman. Hanya saja untuk harganya memang terbilang agak mahal. Belum lagi banyak sekali spare part AC yang harus dibeli ketika memutuskan untuk pasang. Pun biaya listrik yang harus ditanggung setiap bulannya, karena AC ini memang mengonsumsi listrik lebih besar dibandingkan dengan kipas angin.

Tapi gak perlu khawatir beb! Untuk urusan listrik bisa kok diupayakan agar AC tak membuat biaya bulanan listrik kamu membengkak. Mau tau caranya? Mau tau, mau tau? #gaya ustad Maulana. Hehe.. 

Agar Hemat Listrik, Lakukan Ini!

Kepengen enak, kepengen banyak, tapi murah. Siapa yang berprinsip begitu? Hahaha... terus terang ini prinsip mamak-mamak banget, kayak aku. Emak-emak mah gak mau rugi. Tapi ya jangan sampai merugikan orang lain juga dong ya. kan gak asik kalo ada salah satu yang terzholimi. Ada rupa ada harga, sayang.

Demikian juga dengan pilihan untuk pakai AC. Berani pasang ya harus berani bayar lebih juga biaya listriknya. Paling tinggal cari cara gimana supaya gak boros-boros amat listriknya agar tarif bulanan pun gak sebengkak bisul yang mau pecah. 

Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat listrik AC di rumah:

1. Memilih AC dengan PK terendah. Sebenarnya pertimbangan pemilihan PK ini adalah dari ruangan yang akan dipasang AC, karena semakin kecil ruangannya, maka semakin rendah juga PK yang digunakan, itu sudah cukup untuk menyejukkan suhu ruangannya. Dengan PK yang rendah maka konsumsi dayanya juga semakin kecil.

2. Sebaiknya jangan mengatur suhu di bawah angka 24 derajat Celcius. Sebab semakin rendah suhu yang kamu pilih membuat AC harus bekerja lebih keras dalam mendinginkan ruangan. Jadi jika suhu yang dipilih berada di bawah 24 derajat Celcius bahkan lebih rendah, maka beban daya listriknya juga semakin besar.

3. Belilah AC yang memiliki fitur hemat energy. Sekarang ini banyak merk yang berlomba-lomba dalam menyediakan Ac yang hemat energi tersebut sejalan dengan kebutuhan konsumennya, diantaranya adalah Daikin Indonesia yang juga membuat inovasi tersebut. sehingga dapat kamu jadikan sebagai pertimbangan terbaik.

AC Daikin
poto paksu waktu hadir di acara Daikin Bengkulu


4. Membersihkan AC dan juga ruangan secara berkala, ketika filter AC kotor dan tidak rutin dibersihkan, maka otomatis kinerjanya juga kurang optimal. Membuat kompresor bekerja secara lebih keras, akibatnya beban listrik juga semakin tinggi.

Demikian ya langkah yang bisa dilakukan agar listrik di rumah tidak selangit tagihannya setiap bulan meski AC mejeng di ruang tidur, ruang tamu atau pun di ruang kerja. Oh ya, jangan lupa, jika seandainya terjadi kerusakan pada komponen AC, sebaiknya segera diperbaiki ya, karena akan mempengaruhi kinerja AC, yang ujungnya juga akan sangat berpengaruh terhadap beban biaya listrik. Jadi jangan biarkan AC bermasalah terlalu lama. Rajin-rajin juga dibersihkan, biar kinerjanya tetap optimal. 

Duuuuuh, ribetnya! 

Nggak juga sih. Sebab benda apa pun yang kita miliki, yang kita ambil manfaat darinya, memang harus dirawat kayak anak sendiri. Bagus perawatannya, akan panjang pula umurnya membersamai kita. Begitu!

Semoga yang sedikit ini bermanfaat. Selamat ngadem bersama AC pilihan. 

 



Tidak ada komentar

Posting Komentar