Search

Resep Pisang Panggang Susu Evaporasi

Kreasi resep Tiga Sapi


Begini rasanya ya gais punya anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Maunya makaaaaaaan mulu.

Aku adalah emak anak 3. 2 perempuan, 1 laki. Sulung sebentar lagi 5 tahun, dan si nomor dua jelang 4 tahun. Keduanya doyan makan gais. Pepagi begitu melek mata yang dicari ya kudapan. Minimal kerupuk sebuah jadilah. Kadang aku dan babahnya ketawa aja kalo anak dua ini minta makan, jajanan dan sejenisnya. Ekspresinya sering gemesin, antara takut tapi ingin. Hahaha... 

Hobi makan ini klop kali dengan emaknya yang memang hobi masak. Tapi namanya manusia, sehobi apapun tetap ada datang rasa magernya. Untunglah ada babahnya yang belakangan ini suka sekali bereksperimen masak memasak. Jadi keinginan anaknya yang pengen makan tetap bisa terpenuhi. Oh ya, for further info (penting ya? iya!  haha), udah setahun ini mamak memang tak punya waktu banyak buat masak-masak selain menu wajib untuk perut tiga kali sehari. Sebab kondisi yang waktu itu mabuk berat dan berlanjut hingga kini ngurus baby. 

Makanan Favorit Anak-Anak

Selain nasi, ikan, daging, ayam dan sayur mayur, bocah-bocah ini punya makanan kesukaaan mulai dari sekedar cemilan maupun snack. Kadang rada ngenes saat selera makan memuncak, isi dompet malah menipis.  Tapi mengingat anak-anak ini kalo minta makan mereka pasti bertanggung jawab dengan benar-benar memakannya dengan lahap, dompet menipis pun tetap dijabanin. Rezeki dari Allah. Akan ada saja jalannya jika biaya yang dibutuhkan untuk urusan perut dan kebutuhan pokok, Allah sudah janjikan itu. Tapi kalo urusan gaya hidup dan gengsi, tuhan tidak janjikan besteh. Karenanya, hiduplah bersahaja dan sesuai kemampuan. Jangan hutang sana-sini hanya karena ingin terlihat mewah di mata orang lain. 

Nah, kembali ke soal makan. Satu hal yang aku syukuri adalah bahwa anak-anakku sehat, tumbuh dan berkembang sesuai dengan usianya. Karenanya, urusan makan ini amat kuawasi. Selalu memastikan bahwa makanan yang akan masuk ke mulut mereka adalah makanan yang halal lagi baik. Jika mereka protes kenapa ini gak boleh itu gak boleh, kujelaskan musabab dan dampaknya, sehingga mereka legowo menerima. 

Poto ini juga di tempat makan tentunya 🤭

Lantas, apa saja makanan yang paling disukai mereka?

1. Martabak

Abang-abang martabak langganan sampe hapal dengan kami. Bahkan kadang beliau nanyain bocah-bocah klo kebetulan gak diajak pas belinya. Jangan ditanya frekuensi beli martabak ini dalam sebulan, cukuplah mamak, babah, abang martabak dan Allah saja yang tau. Seloyang itu bisa habis mereka berdua. Makanya kalo martabak sudah tiba, mamak pun standby agar jangan sampai tak kebagian. Haha.. Dan potongan terkahir selalu jadi primadona. SCDD, siapa cepat dia dapat.

2. Donat

Kalo ini yang paling diincar ya seresnya. Ntar rotinya nyisa. Akhirnya mamak kasih ultimatum kalo gak ngabisin rotinya, besok-besok gak ada lagi cerita beli donat. Alhamdulillah sekarang udah disikat semuanya. Seres dan rotinya ludes tak bersisa.

3. Chocolatos

Kalo ini mah bawaan orok. Sebab waktu hamil cemilan aku ya chocolatos ini. sampe anak murid di sekolah senyum kebingungan, ibu gurunya kok hampir tiap hari minta beliin si mammamia lezatos. Hihihi...

4. Buah-Buahan

Kalo kuurai satu-satu, bisa gak kelar ini tulisan. Sebab hampir semua buah mereka suka, terlebih pisang. Makanya abahnya hampir tiap hari ke pasar selalu beli pisang, murah meriah pulak. Nah, kalo bosan, pasti babahnya bikin makanan dengan olahan pisang, mulai dari kolak, pisang panggang, hingga pizzang alias pempek pelet. 

Ngomong-ngomong pisang panggang, aku jadi ingat ummi, adik kandung ibuku di kampung. Dulu waktu beliau masih gadis, beliau jualan pisang panggang ini, uweeenak sekali. Pakai kuah gula aren dan kelapa. Nah, beberapa malam yang lalu, abahnya bikin pisang panggang versi praktis. Cukup pake mentega saja. Enak sih, tapi kurang gurih. Lalu  ketika dapat info bahwa September mendatang akan ada Challenge Cerita Tiga Sapi, aku jadi kepikiran bikin kreasi resep Tiga Sapi berupa pisang panggang dengan menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi. Paksu mengamini dengan semangat membara. 

Sepintas Tentang Tiga Sapi Susu Evaporasi

Jika selama ini orang-orang lebih banyak kenal dengan Tiga Sapi Kental Manis, maka ketahuilah bahwa sekarang Tiga Sapi punya varian baru berupa Tiga Sapi Susu Evaporasi. Jangan kira varian ini untuk langsung diminum ya gais, khusus evaporasi ini hanya bisa digunakan sebagai bahan pelengkap minuman atau bahan dasar berbagai jenis makanan. 

Tiga Sapi Susu Evaporasi

Why? karena Tiga Sapi Susu Evaporasi ini diproses dengan mengurangi kadar air yang ada di dalam susu sehingga teksturnya lebih kental. Jadi, untuk masakan yang membutuhkan cita rasa susu dan  gurih, pas banget lho pake varian yang satu ini. 

Selain itu, Tiga Sapi Susu Evaporasi ini juga:

- Merupakan susu evaporasi dalam kemasan kotak pertama di Indonesia

- Susu tanpa lemak yang dilarutkan dengan air hingga memperoleh kekentalan tertentu

- Rasa creamy yang pas, lezah, gurih dan sehat

- Diproses dengan higienis

- Mudah ditutup kembali

- Cocok sebagai campuran minuman, kopi, puding, roti, soto dll. 

- Bisa digunakan sebagai pengganti santan

Awalnya gak percaya lho susu bisa jadi pengganti santan. Tapi karena pernah nyicip Laksan (makanan khas Palembang) saat bertamu ke rumah teman paksu, dan kuahnya itu yang seharusnya santan ia ganti susu, alahoi...., nikmat sekali memang. Kalo gak ingat malu, aku udah pengen tiga kali namboh aja. Hahaha...

Jadi kalo yang mau langsung minum apa dong? Ya Tiga Sapi Kental Manis! Karena Tiga Sapi Kental Manis lebih praktis dan ekonomis. Bermanfaat pula sebagai sumber vitamin A, D3 hingga kalsium bagi tubuh. 

Kalo sudah bicara kental manis ingatanku melayang ke bulan ramadhan aja, terlebih ramadhan di masa kecil. Sebab salah satu menu wajib saat ramadhan itu adalah es sirup susu. Favorit kali aku tuh. Namun sekarang kental manis gak hanya buat minuman, tapi juga dipakai sebagai toping berbagai hidangan. 

Kreasi Resep Tiga Sapi Ala Mama

Challenge cerita Tiga Sapi

Seperti yang kubilang, tetiba saja aku kepikiran bikin Pisang Panggang Susu Evaporasi. Sini kubisikin resepnya.

Bahan-Bahan

Pisang Kepok 10 buah

Margarin

Seres

Kental Manis (aku pake Tiga Sapi Kental Manis)

Bahan Cream

2 sdm Tepung Meizena

4 sdm Tepung Terigu

Gula Pasir sesuai selera

Susu cair (aku pake Tiga Sapi Susu Evaporasi)

Cara Membuat

Buat adonan cream. Masukkan tepung meizena, terigu dan gula pasir ke dalam wajan. Tambahkan Tiga Sapi Susu Evaporasi

Aduk dan panaskan dengan api sedang hingga masak dan mengental

Angkat dan dinginkan

Resep menggunakan Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis

Kupas pisang , lalu geprek

Oleskan margarin 

Panggang di atas teflon dengan api sedang hingga berwarna coklat keemasan

Angkat, lalu ambil satu pisang, oleskan cream, lalu tempel dengan satu pisang yang lain

Susun di atas piring, kemudian lumuri dengan Tiga Sapi Kental Manis

Tambahkan toping seres  warna-warni

Pisang panggang susu siap disantap bersama keluarga 

Tiga Sapi Kental Manis

Jangan tanya gimana respon anak-anak. Bahkan baru bilang mau masak Pisang Panggang Susu aja mereka udah antusias. Hampir tiap hari nanya kapan masaknya. *duuh, kasiannya. hehe..

Sudah terhidang begini, Masya Allah, rebutan dong. kalo gak dibilang mamak mau poto dulu, itu pisang gak bakal bisa nyaman di piring. masak satu langsung habis, masak lagi makan lagi. haha..

Bersyukur sekali punya anak yang doyan makan begini, lelah memasak terbayar tunai saat mereka lahap. Pintar memuji pula. 

"Enak nian masakan mama ini. Terima kasih mama sudah masakkan makanan Teta sama Teti", sambil ngasih sun di pipi. Ibu mana yang gak terharu coba?

Nah, ini kreasi resep Tiga Sapi dari aku.

Pisang Panggang Susu Evaporasi

Mudah-mudahan bisa menginspirasi bunda buat menyajikan menu wiken bersama keluarga. Kenapa aku milih Tiga Sapi? Selain gurih, Tiga Sapi lebih praktis dan ekonomis. Mudah didapatkan di toko kue atau minimarket dengan harga sekitar 14000-an untuk Tiga Sapi Kental Manis 490 gram, dan 17000-an untuk Tiga Sapi Susu Evaporasi 500 gram, Harga Lebih Hemat dan Isi Lebih Banyak. 

Bunda hobi masak dan suka bereksperimen? Persiapkan diri bunda. Akan ada Challenge Cerita Tiga Sapi periode 9 – 30 September yang akan datang di Official Instagram Tiga Sapi @lezatnyatigasapi. Buatlah kreasi resep Tiga Sapi andalan bunda. Ntar unggah di akun instagram bunda dengan menyertakan hastag #ceritatigasapi. Jangan lupa follow dulu akun instagram @lezatnyatigasapi dan Facebook Fanpage Tiga Sapi ya. Sebab nanti bunda harus tag dan mention akun @lezatnyatigasapi dan 3 orang teman kesayangan bunda, serta pastikan pula akunnya tidak di privat dong. Akan ada 5 pemenang yang beruntung yang akan mendapatkan saldo OVO/Gopay total 5 juta rupiah dan paket spesial dari Tiga Sapi. Alamak oiii..., yakin gak mau ikut?

Membuat Resep Kreasi Tiga Sapi untuk Challenge Cerita Tiga Sapi





39 komentar

  1. uuh pisang panggang enak bangett. anak-anak kalau kaya gini bakal suka, apalagi dilibatkan pas bikin. dia makin gak sabar nyicipin pastinyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya kudapan untuk anak sekarang makin banyak variannya ya. Meski dari bahan seadanya tapi kalau diolah dengan baik dan penampakan menggiurkan, anak bakalan rebutan

      Hapus
  2. yummy, enak bgt. mudah pula buatnya.

    BalasHapus
  3. Pisang panggang makin nikmat ya kalau dikasih cream yg terbuat dari susu Tiga Sapi. Lebih lengkap juga gizinya. Makasih resepnya, Kak, kapan-kapan aku coba. Pasti anakku suka.

    BalasHapus
  4. Putri-putrinya cantik mirip Bundanya banget. Semoga jadi putri-putri shalihah. Btw...kemarin lihat di minimarket dipajang susu Tiga Sapi, cuma aku lirik dong. Soalnya engga ada ide mau bikin apa. Haha...ternyata pisang panggang pun bisaaa. Sip...besok cus beli susu Tiga Sapi...

    BalasHapus
  5. Ternyata buatnya gampang banget, bahan-bahannya juga sederhana. Maknyus pasti rasanya pakai tiga sapi

    BalasHapus
  6. Penggemar pisang pangga jadi auto ingin nyicipin pasa baca postingan ini kak.
    Apalagi menggunakan susu evaporasi Tiga Sapi, gak cukup seporsi makan pisang panggang hasil kreasi sendiri nih.

    BalasHapus
  7. Kebetulan kapan hari bikin roti maryam pakai susu evaporasi Tiga Sapi juga. Toppingnya dikasih yang kental manis Tiga Sapi. Anakku doyan banget bahkan susu evaporasinya dihabisin sekotak 🤣🤣🤣 seenak itu

    BalasHapus
  8. Menyenangkan ini cara buatnya.
    Hidangan dengan tiga sapi jadi menggugah selera ya kak.
    Boleh juga ini rekomendasinya buat dipraktekkan

    BalasHapus
  9. Wah, ini sih anak-anak pasti suka banget. Mau coba bikin juga ah. Mumpung masih punya Tiga Sapi di rumah.

    BalasHapus
  10. Huhuhu kak Dahlia itu pisang kaya enak betuul, mana aku suka banget sama pisang panggang gini. Gosong-gosong enaak, apalagi kalau pake kental manis Tiga Sapi, makin mantaap

    BalasHapus
  11. Hmm pisang panggang?
    Enak juga ya mbak, bisa jadi alternatif klo bosan dengan pisang goreng

    BalasHapus
  12. Kudapan murah meriah untuk seisi rumah nih. Ngga cuman si kecil aja tuh yg bs melahap. Biar ngga makan Chocolatos mulu nih si kecil. Hehe. Soalnya seminggu bisa abis dua dus nih si kecil. Wkwkwk

    BalasHapus
  13. wahh enak yaa, bisa bikin creamnya dan jadi isian pisang panggangnya, rasanya pasti gurih banget sih ini

    BalasHapus
  14. Rasanya udah pasti dijamin enak padahal gak ikut nyicipin, karena aku udah buktiin kualitas Tiga Sapi memang gak kaleng-kaleng

    BalasHapus
  15. saya suka banget nih yang namanya pisang panggang, kebayang enaknya ya kalo pakai susu evaporasi jadi makin gurih dan yummy pastinya

    BalasHapus
  16. Ya ampun, enak dan mudah ternyata ya membuat nya.
    Kami di kampung, pisang itu cukup mudah di dapat. Kadang terlalu banyak kalau mateng dari pohon berbarengan. Jadinya suka dibagikan. Soalnya kalau gak dimakan langsung, paling dibuat pisang goreng. Ternyata bisa dibakar seperti ini juga ya

    BalasHapus
  17. Dilema yang sama, kak..
    Tapi anakku barruu banget merasakan sering lapar nih.. (usia 8 tahun dan 11 tahun).
    Jadi kudu terus ada makanan. Apalagi pas sudah kembali sekolah offline. Pulang-pulang langsung minta cemilan, terus makan makanan utama, ngemil lagi.. Gituuu teruus.

    Alhamdulillah ada ide masak hemat dari kak Dahlia.
    BIsa menjadi inspirasi agar anak-anak tetap nyemil sehat karena masakannya menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Kental Manis.

    BalasHapus
  18. pisang panggang juga salah satu makanan yang cukup sering direquest di rumah mbak, anak2 kebanyakan memang suka menu ini ya, apalagi ditambah sama kental manisnya tiga sapi ya, cus ah bikin besok weekend

    BalasHapus
  19. hmm yummy, olahan pisang memang enak kok, mau diapain juga bisa, kreatif nih buat pisang panggang, baru tahu saya olahan ini
    sama nih kak, aku juga buberti, ibu beranak tiga, masa pertumbuhan wajar kalau doyan makan

    BalasHapus
  20. Jd pengen makan jg kan, pisang kek.y emang cocok ama susu deh berasa kebih nikmat aja gitu

    BalasHapus
  21. Mamaku juga suka bikin nih pisang panggang tapi biasanya cuma pakai topping gula, resepnya oke juga nih pisang pangga pakia susu

    BalasHapus
  22. Yummy banget ini mbak, pisang panggangnya. Ibu dan suami saya di rumah suka banget jajanan dari pisang. Ah saya jadi pengen nyobain buatnya

    BalasHapus
  23. Duh, nikmatnya pisang panggang Mbak. Ini sepertinya semua orang suka deh. Simpel lagi cara buatnya ya Mbak. Saya baru tahu kalau Tiga Sapi Susu Evaporasi ada jenis kental manisnya. Cara ekspres untuk bebikinan yang enak ini hehehe. Btw, sepakat Mbak, apa yang masuk ke dalam tubuh anak harus dijaga ya agar selalu halal dan baik.

    BalasHapus
  24. Oh, ini susunya macam dijadikan olesan untuk pisang panggangnya ya. Bisa dipakai di roti juga nggak sih resep krim nya?

    BalasHapus
  25. Wah, enak juga ya pisang bakar pakai cream dengan bahan susu cap tiga sapi ini
    Anak anak pasti suka ya mbak

    BalasHapus
  26. Sebagai penyuka pisang rasanya pingin banget nyoba cepat2 tapi nggak ada pisang sangat sulit cari pisang kepok di warung dekat rumah.. thanks resepnya

    BalasHapus
  27. Sangat paham dengan masing -masing kondisi ini apalagi pernah di dunia kerja. Bagi saya ini pilihan dan ada plus minusnya.

    BalasHapus
  28. Wah seneng ya kalau punya anak yang gampang makannya. Kalau anak2ku jajan begini sih seneng, tapi kalau makan nasi sayur susahnya. Mungkin kudu bikin sayur atau lauk yang ada sentuhan Tiga Sapi nya yaa.. hehe.

    BalasHapus
  29. Seruuu niih ku dieksekusi bareng anak-ank, simpel dan bergizi, anak-anak oasti juga happy bikin bikin gini, quality time sekaliiii

    BalasHapus
  30. Wah, mau ah bikin Pisang panggang Susu Evaporasi dar Tiga Sapi. Mudah bikinnya. Enak rasanya. Anakku pasti suka

    BalasHapus
  31. Kesukaan paksu nih, liat tulisan kakak jadi mau bikin deh

    BalasHapus
  32. Enaaknyaa~
    Weekend vibes diisi dengan memasak menu kesukaan keluarga, Pisang Panggang Susu Evaporasi.

    BalasHapus
  33. Camilan pisanh panggangny menggoda...seru buat bareng2 dn nyemil bareng2...apalgi pkai susu evaporasi mnjadi tmbah nikmat

    BalasHapus
  34. susu evaporasidan kental manis tiga sapi memang 2 bahan yang saling menyempurnakan buat rasa aneka camilan favorit ya,ka, harus dicoba, ni resep pisang bakarnya. thanks kak tips nya.

    BalasHapus
  35. suka nih sama pisang panggang. seringnya beli aja, satu kotak. Eh ini ada resep rumahan, kayaknya mudah banget bikinnya pengin coba resepnya.

    BalasHapus
  36. Udah lama pengen bikin kreasi dengan tiga sapi tapi belum kesampaian. Pas banget nih ketemu resep yang simple. Thanks for sharing 😊

    BalasHapus
  37. Wah menunya asik nih buat dicoba apalagi pakai kental manis tiga sapi

    BalasHapus