Cara Meningkatkan Penyerapan Kalsium Saat Hamil

  

sumber: google image
Salah satu kebahagiaan seorang wanita yang telah menikah adalah saat mengetahui bahwa dirinya hamil. Hampir semua pasangan mendambakan hadirnya seorang anak dari hasil pernikahan. Karena itu, saat kehamilan menghampiri, segala upaya dilakukan demi menjaga dan merawat kehamilan agar janin tumbuh sehat dan berkembang. Makanan, nutrisi, vitamin dan seluruh elemen gizi yang dibutuhkan ibu dan janin harus terpenuhi. Salah satunyanya adalah kecukupan kalsium.

Jika kita ingin memperbanyak kalsium melalui makanan atau suplemen selama kehamilan, maka pastikan juga tubuh kita mampu menyerap nutrisi ini dengan baik. Karena bagaimanapun juga pentingnya asupan kalsium selama kehamilan berkaitan dengan kesehatan ibu dan juga bayi. Sementara itu, beberapa kebiasaan mungkin dapat menurunkan dan meningkatkan penyerapan kalsium. Maka kita perlu mengetahui banyak sedikitnya tentang bagaimana cara menjaga agar penyerapan kalsium sesuai dengan porsinya. Yuk kita simak cara meningkatkan kalsium berikut ini:
1. Perbanyak vitamin D

Secara umum, tubuh kita tidak dapat menyerap kalsium tanpa adanya vitamin D. Untuk itu penting bagi kita mendapatkan cukup vitamin D secara teratur. Cara termudah untuk mendapatkan lebih banyak vitamin D yakni dengan berjemur setiap hari di bawah sinar matahari (kurang lebih 15 menit). Selain itu kita juga bisa menemukan vitamin ini dari susu, jeruk, sereal, atau suplemen vitamin D.

sumber: google image

2. Dapatkan lebih banyak magnesium

Opsi lain untuk meningkatkan penyerapan kalsium yakni dengan memperbanyak kandungan magnesium di dalam makanan. Bahkan tidak hanya untuk membantu penyerapan kalsium, magnesium juga turut berperan dalam membentuk tulang yang sehat. Adapun untuk mendapatkan nutrisi ini bisa dari suplemen magnesium, atau berbagai sayuran seperti bayam, brokoli, dan juga kacang almond.

sumber: google image

3. Batasi minuman tertentu


Tahukah Anda jika minuman yang berkafein dan bersoda ternyata bisa menghambat penyerapan kalsium? Jadi, jika kita ingin memaksimalkan penyerapan kalsium maka lebih baik kita mengurangi atau menghentikan konsumsi minuman seperti kopi, teh atau soda terlebih dahulu. Karena minuman ini umumnya bersifat diuretik dan kemungkinan menurunkan kinerja hati dalam memproses vitamin D.

4. Hindari beberapa zat dalam makanan
Selain minuman, ada juga beberapa makanan dengan kandungan bahan yang dapat menghambat penyerapan kalsium. Seperti kandungan asam fitrat atau asam oksalat, yang keduanya akan mengikat kalsium bersama dengan mineral lainnya dan tidak membiarkan tubuh untuk menyerapnya. Umumnya asam-asam ini banyak ditemukan di makanan ubi jalar, roti gandum, biji-bijian, dan kacang-kacangan.
google image

5. Konsumsi kalsium secara bertahap

Meskipun kita diharuskan memperbanyak kalsium selama kehamilan. Namun hindari untuk mengkonsumsi nutrisi ini sekaligus. Bagilah dosis yang dianjurkan agar bisa dikonsumsi dua kali dalam sehari (pagi dan sore). Jangan diminum sekaligus agar tidak sia-sia atau malah menyebabkan diare. Untuk kita yang memiliki masalah diare maka segera cari obat diare alami untuk dewasa.

Tidak ada komentar