Search

Flu & Cara Pencegahannya

Cepatnya penyebaran virus flu membuat penyakit yang satu ini mudah dijumpai dan menyerang orang disekitar kita. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan kita hingga akhirnya virus lebih mudah masuk ke dalam tubuh. Meski sudah ada obat untuk menangani penyakit tersebut seperti Obat pilek ampuh namun pencegahan jelas lebih baik daripada mengobati. Untuk mencegah flu, beberapa cara berikut bisa Anda coba.

Istirahat dan cukup tidur

Anda mungkin memiliki semangat yang tinggi untuk beraktivitas sepanjang hari. Tapi, belum berarti tubuh Anda juga memiliki kondisi yang sama. Sebab, tubuh tetap membutuhkan istirahat agar sistem metabolisme bisa bekerja terlebih dahulu.

Sumber: tribunnews.com

Istirahat bukan hanya berguna untuk memperlancar sistem metabolisme dalam tubuh kita. Lebih dari itu, istirahat juga berguna untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Dengan beristirahat, tubuh akan memiliki sistem imun yang lebih baik dan lebih tahan terhadap berbagai jenis penyakit. Flu merupakan salah satu penyakit yang bisa dicegah apabila kita memiliki pola istirahat yang teratur dan tercukup setiap hari. Perhatikan pola tidur dengan usia kita mengingat setiap orang punya durasi tidur yang berbeda berdasarkan usianya.

Hindari kafein

doc pribadi

Saat ini, kopi menjadi salah satu minuman yang banyak digandrungi oleh orang-orang. Tidak hanya anak muda, orang tua sekalipun suka mengonsumsi kopi setiap harinya. Kandungan kafein didalamnya membuat konsentrasi tetap terjaga dan membuat peminumnya bisa bekerja lebih produktif. Tapi, disisi lain, kandungan kafein dalam kopi juga perlu dihindari, terutama jika wabah virus influenza mulai bertebaran di sekitar kita.

Mengonsumsi kafein secara tidak langsung dapat membuat tubuh lebih mudah dehidrasi. Dehidrasi merupakan hal yang perlu dicegah karena bisa menjadi gerbang masuk berbagai jenis penyakit termasuk flu. Selain kafein, minuman beralkohol juga dapat membuat tubuh dehidrasi sehingga menjadikannya sebagai salah satu minuman yang perlu dihindari.

Pencegahan penyakit flu dengan melakukan dua hal diatas bisa secara efektif mengatasi penyakit yang paling umum diderita tersebut. Tapi, sebaiknya, perkaya juga pengetahuan Anda dengan membaca panduan Cara pakai obat semprot hidung. Jangan lupa juga untuk berjaga-jaga dengan mempersiapkan obat sirup demam berdarah anak jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Posting Komentar