Search

3 Manfaat Sinar Matahari Yang Jarang Diketahui

Manfaat Sinar Matahari

Banyak manfaat sinar matahari yang bisa kita dapatkan secara gratis dan cuma-cuma kawan. Sebab matahari adalah karunia Tuhan yang selalu hadir menggantikan gelap tanpa meminta biaya sepeserpun dari manusia dan bumi yang telah disiraminya. Ia selalu hadir memenuhi titah Tuhannya tepat waktu, dan kembali ke peraduan pun tepat waktu pula.  Pancaran sinarnya menawarkan kehangatan yang mampu membantu berbagai aktivitas kehidupan makhluk di muka bumi.  Mengeringkan pakaian adalah salah satu contoh kecil dari kegunaan sinar matahari yang ada selama ini.

Di samping itu, hampir semua orang tau bahwa sinar matahari sangat berperan penting dalam proses kecukupan asupan vitamin D di dalam tubuh manusia. Di mana vitamin D ini sangat baik perannya untuk menyerap fosfor dan kalsium sehingga tulang, otot dan gigi senantiasa kuat dan awet. Walau begitu, mengambil sinar matahari di waktu yang tidak tepat juga akan menimbulkan penyakit. So, kita harus jeli dan bijak ya konkawan agar matahari ini benar-benar mendatangkan manfaat bagi diri kita sendiri.

Manfaat Sinar Matahari Pagi

Salah satu waktu yang sangat baik mengambil manfaat sinar matahari dalah di waktu pagi. Jangan gunakan pagimu hanya mendengkur hingga tengah hari menjelang. Bangkitlah dan carilah karunia Tuhan yang sangat banyak ini, salah satunya adalah dengan berjemur di pagi hari. Sebelumnya, bukalah jendela-jendela rumahmu agar kilauan mentari bisa bertandang ke setiap sekuen ruang yang ada dalam rumahmu. 

Well, sini saya bisikin beberapa manfaat sinar matahari pagi yang dapat kita petik. Setidaknya ada 3 hal yang sangat jarang kita ketahui. Mau tau, mau tau? *gaya ustad kondang di TV* Let’s see!

1. Meningkatkan kualitas tidur

Apa? Masa iya? Iya, beneran. Yang insomnia sini, merapat. Jadi, dalam tubuh kita ini ada yang namanya hormon melatonin. Di mana hormon ini berfungsi sebagai hormon yang menyebabkan rasa  kantuk dan mengatur waktu tidur. Jumlah melatonin yang tidak memadai dalam tubuh dapat menyebabkan manusia terganggu siklus tidurnya. Jika sudah begitu, ikhtiarlah dengan berjemur dipagi hari. Sebab sinar matahari pagi mampu merangsang sekresi hormon melatonin dalam tubuh, sehingga bisa menjaga keseimbangan metabolisme tubuh kita sendiri. 

2. Meminimalkan Resiko Depresi

Kita tahu bahwa di tengah pandemi ini rentan sekali orang terkena depresi karena banyaknya yang kehilangan pekerjaan, stress menghadapi kenyataan untuk tetap berdiam diri di rumah, di tambah lagi jam terbang orang tua yang harus disiplin memantau pembalajaran daring anak-anaknya. Bukan tidak mungkin orang menjadi depresi berat.

Oleh karena itu, dengan berjemur dipagi hari dapat menstimulasi tubuh untuk menghasilkan hormon seretonin, di mana hormon yang satu ini berfungsi sebagai pengendali suasana hati manusia. Kadar seretonin yang mencukupi dalam darah akan membuat kita lebih rileks dan mudah fokus. Sehingga kita lebih mudah berkonsentrasi dan mampu menyelesaikan aktivitas atau pekerjaan secara maksimal. 

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Nah, ini! Yang muda, yang tua wajib sekali tau bahwa sinar matahari pagi memiliki fungsi penting untuk mengatur tekanan darah.  Sebab itulah olahraga pagi sangat dianjurkan. Kebiasaan olahraga di pagi hari dapat menekan resiko hipertensi. Jika tekanan darah stabil, maka kondisi pembuluh darah dan jantung akan senantiasa sehat wal’afiat. Sehingga kita bisa terhindar dari penyakit hipertensi yang telah diidap sebagian besar orang-orang.

Itulah 3 manfaat sinar matahari pagi yang bisa kita dapatkan. Masih banyak lagi sebenarnya manfaatnya, namun kali ini kita cukupkan 3 aja dulu. Semoga kiranya kita selalu bisa menikmati kilauan bola raksasa itu setiap hari, setiap pagi, sebagai tanda kesyukuran juga atas segala nikmat dan karuniaTuhan yang tak mampu kita hitung dengan jari dan sempoa.

Salam sehat!

 




Tidak ada komentar

Posting Komentar