Search

3 Info Penting Tentang Vaksin Corona

Vaksin Corona

Kehadiran vaksin corona saat ini telah dinantikan oleh sebagian besar masyarakat. Pasalnya kasus covid 19 ini belum jua berakhir hingga akhir tahun 2020 ini. Udah setahun lho ya masarakat hidup dalam kecemasan. Belum lagi dampak besar yang ditimbulkannya, yakni merosotnya ekonomi yang berujung pada hilangnya pekerjaan sebagian orang. Membuat orang ketar-ketir melakukan segala cara demi menyambung hidup. 

Saya sendiri gak menyangka kalo pandemi ini berlangsung selama ini. Setiap hari aku berharap agar virus ini segera punah dari bumi pertiwi. Karena itu, berita tentang akan hadirnya vaksin corona ini menjadi angin segar bagi masyarakat luas. Namun, jangan terlalu berlega diri juga ya kawan, sebab adanya vaksin ini juga belum tentu membunuh covid 19 secara paripurna. Setidaknya kita perlu mengetahui beberapa hal terkait kehadiran vaksin corona ini. 

📌3 Hal Penting Seputar Vaksin yang Patut Diketahui📌

Meskipun belum ada kepastian jenis vaksin apa yag akan didistribusikan di Indonesia ini, tapi kita tetap harus meyakini bahwa akan tiba juga waktunya vaksin beredar. Maka ketahuilah bahwa:

1. Vaksin bukanlah obat

Makanya di awal saya katakan tadi agar kita jangan terlalu berlega diri dengan berita datangnya vaksin ini. Karena sejatinya vaksin ini hanya berfungsi untuk menekan laju penularan, mendorong pembentukan kekebalan spesifik pada penyakit covid 19 agar terhindar dari tertular. Jadi, menjaga kesehatan lebih diutamakan agar virus ini tidak singgah di tubuh kita. 

2. Vaksin diberikan pada golongan prioritas

Sementara ini, pemberian vaksin akan didahulukan kepada orang yang beresiko tinggi seperti tenaga medis dan pelayan publik. Pun diprioritaskan untuk kalangan usia 18-59 tahun yang merupakan kelompok usia paling banyak terpapar covid. Lalu secara bertahap akan didistribsikan kepada masyarakat luas sesuai dengan jumlah ketersediaan vaksin.  Sedangkan untuk anak-anak dan lansia 60  tahun ke atas masih dalam tahap perencanaan vaksin yang akan dikembangkan. Pun butuh waktu uji klinis tambahan juga untukbisa mengidentifikasi kesesuaian vaksin untuk mereka yang berusia di atas 60 tahun dengan penyakit penyerta. 

3. Rentang Waktu Vaksin Covid 19

Hingga saat ini belum bisa ditentukan secara pasti berapa lama vaksin bisa melindungi. Butuh penelitan lebih lanjut agar bisa mengetahui periode jangka panjang vaksin untuk melindungi masyarakat dari wabah covid 19

Dari ketiga info penting ini, bisa kita simpulkan bahwa hal yang harus diprioritaskan masing-masing orang adalah menjaga stamina agar tetap fit, serta harus lebih perhatian pada kesehatan tubuh. Sebagaimana kita ketahui bahwa untuk mencegar tertularnya virus sars 19 ini, kita perlu menjaga jarak, memakai masker dan sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun. E tapi jangan sampai lupa cuci kaki ya karena fokus ke cuci tangan terus. Hehehe... perhatikan pula pola makan sehat dan gizi seimbang.

Baca juga: Tips Memasak Sehat

Bila Khawatir Ke Rumah Sakit

Menjaga kesehatan di saat cuaca sedang pancaroba begini memang menjadi tantangan banget. Biasanya di musim begini, penyakit seperti flu dan batu pilek naik daun. Dari anak-anak hingga dewasa rentan terkena virus ini. Tapi ada yang berbeda dengan perlakuan orang terhadap batuk flu ini sekarang. Ya, apalagi kalau bukan takut covid. Bak makan buah simalakama, maju kena mundur kena. 

Ingin berobat ke rumah sakit, takut di rapid berstatus reaktif. Apalagi salah satu gejala corona adalah batuk pilek. Andai kata pun flu yang sedang diderita itu bukan efek corona, khawatir juga pulang dari rumah sakit lalu terkena. Secara rumah sakitkan daerah rawan covid. Nah, kalo gak berobat? Bisa jadi lama menanggung flu dan batuk. Sakit banget itu lho, kepala berat, hidung mampet, tenggorokan gatal dan kering. Trus was-was juga dong, jangan-jangan gejala corona. Alamak oiiiii.... jadi harus gimana?

Beruntunglah guys kita hidup di zaman serba online. Cukup duduk tenang leyeh-leyeh di kamar, semua informasi bisa diakses, termasuk berbelanja kebutuhan dapur, transfer-transfer pembayaran tagihan, hingga konsultasi kesehatan dengan dokter kesayangan kayak di aplikasi Halodoc. Kelar urusan hanya dengan jempol dan jari telunjuk. 

Laman Halodoc

Gimana gak kelar kubilang, di Halodoc kita bisa chat dengan dokter favorit, bisa beli obat tanpa perlu ke apotik, cek lab, ngunjungi rumah sakit, bahkan tes covid pun bisa. Apalah lagi hanya sekedar mencari info seputar kesehatan, Halodoc dong biangnya. Login gih, sana. Syukur-syukur memori HP masih lega untuk menginstal aplikasinya di app store dan google play. Usah ragu, aplikasi ini terpercaya kok. Bisa di cek langsung ke Gedung Halodoc di Jl. HR Rasuna Said Kav. B32-33, Jakarta Selatan. 

Website : www.halodoc.com

Phone : 021 3110 6999

Email : help@halodoc.com

Instagram : @halodoc

Twitter : @halodocID

Facebook : halodoc


Tidak ada komentar

Posting Komentar