Search

Tips Memilih Cincin Tunangan

Cincin Tunangan

Aku baru tau kalo ternyata cincin tunangan berbeda dengan cincin pernikahan. Perbedaan yang paling menonjol ternyata terletak pada desain yang dimiliki oleh kedua cincin tersebut. Menjelang hari besar bersama pasangan, tentu banyak hal yang harus disiapkan, salah satunya adalah menyiapkan cincin untuk tunangan dengan baik. Untungnya saat ini, keberadaan desain cincin untuk tunangan sudah sangat beragam dan bervariasi. Karena banyaknya desain tersebut itulah membuat sebagian besar orang merasa bingung dalam memilihnya. Padahal menemukan cincin untuk tunangan yang tepat merupakan hal yang sangat penting agar tidak membuat pasangan kamu kecewa.

5 Hal Penting Yang harus Diperhatikan Saat Memilih Cincin Tunangan

Cincin tunangan merupakan cincin yang biasanya dilengkapi dengan berlian ataupun batu berharga dimana akan diberikan seorang pria kepada pasangan saat hari pertunangan. Kebiasaan dalam menggunakan cincin tersebut ternyata sudah dimulai sejak abad kedua sebelum masehi. Pada saat itu, bangsa Romawi sendiri sudah mengenakan cincin yang terbuat dari besi, tulang, batu ataupun tembaga.

 
Walaupun demikian, tidak sedikit dari masyarakat yang bingung apa perbedaan cincin tunangan dan cincin pernikahan, termasuk aku gaes. Tapi di sini kita tidak sedang membahas perbedaan cincin tunangan dan cincin kawin secara detil.  Hanya saja edikit harus diketahui bahwa waktu pemberian cincin pertunangan adalah ketika pria melamar wanita. Sedangkan untuk cincin pernikahan merupakan cincin yang diberikan pihak pria kepada wanita sebagai simbol untuk mengingat janji hidup selamanya.
Untuk kamu yang berencana akan memilih cincin tunangan ini, berikut beberapa tips penting yang wajib kamu ketahui dalam memilih cincin tunangan agar tidak mengecewakan pasangan. 


1.    Tentukan budget yang anda miliki dahulu 


Sebelum kamu memutuskan untuk membeli cincin untuk pasangan, maka kamu harus menentukan budget terlebih dahulu. Ini sangat penting karena akan mempengaruhi cincin seperti apakah yang akan kamu dapatkan. Apabila kamu memiliki dana terbatas, sebaiknya jangan pernah memaksakan diri buat memilih cincin dengan harga mahal. 


2.    Jangan lupa ukur lingkar jari pasangan 


Agar kamu tidak membeli cincin yang salah baik itu kebesaran maupun terlalu sempit, ada baiknya kamu mengukur lingkar jari pasangan terlebih dahulu. Jika perlu membawa mereka ke tempat pembuatan cincin pertunangan. Karena akan sangat percuma apabila desain yang dipilih sudah bagus tetapi ternyata tidak sesuai dengan ukuran lingkar jari pasangan. 


3.    Material cincin 


Ada bahan yang digunakan untuk pembuatan cincin untuk tunangan seperti perak, emas, titanium hingga platinum. Semuanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Pemilihan material ini sendiri sebaiknya juga dapat disesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Jika budget kamu terbatas, maka cincin emas atau perak dapat menjadi pilihan yang terbaik untuk kamu. 


4.    Model atau desain cincin


Tips berikutnya adalah menentukan seperti apakah model atau desain cincin tunangan pasangan tersebut. Model dan desain ini memang sangat penting untuk diperhatikan. Jangan sampai pasangan kamu kecewa dengan pemilihan cincin yang salah. Cincin untuk pertunangan sebaiknya memiliki desain yang simple dan timeless dimana tidak lekang oleh waktu sehingga akan lebih awet. 


5.    Memilih toko penjualan cincin yang tepat 


Terakhir, pastikan kamu memilih toko penjualan cincin yang tepat karena ini juga akan berpengaruh pada desain dan kualitas cincin yang akan kamu dapatkan. Pastikan kamu memilih toko penjualan cincin pertunangan terpercaya dan berpengalaman. 


Cincin tunangan merupakan cincin yang penting untuk momen terbaikkamu ketika melamar pasangan. Untuk kamu yang ingin menemukan cincin untuk hari spesial tersebut, Passion Jewelry memiliki banyak koleksi cincin terbaik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Tidak ada komentar

Posting Komentar