Search

Wisata Kuliner di Medan

Kuliner Medan

Sudah 8 tahun aku meninggalkan kota Medan, tanah deli yang selalu menyulut rindu. Banyak kenangan di sana, serta tempat-tempat khusus yang dulu sering disambangi baik untuk sekedar melepas penat maupun tempat berdiskusi dengan teman-teman seperjuangan. Salah satunya adalah Mesjid Al-Musannif di komplek Cemara Asri. Mesjid yang pelatarannya menjadi tempat favoritku di setiap purnama menjelang. Memandang rembulan bulat penuh sambil makan jagung rebus bersama konco sekost. Satpam mesjid itu sampe terheran-heran melihatku yang selalu rutin datang tiap tengah bulan, sampe-sampe kami pernah berdebat gegara dia tidak mengizinkanku moongazing di sana. Alamak oii, kalo ingat itu, amponlah....

Selain itu, Medan juga punya tempat wisata yang unik dan menarik. Sebut saja istana Maimun, Mesjid Raya Al-Mashun yang bangunannya eksotik banget, Galery Rahmat, serta pusat-pusat perbelanjaan mulai dari yang sederhana hingga yang megah. 

Sebagai ibukota Provinsi Sumatera Utara, tentu saja Medan tidak hanya tentang bangunan bersejarah, wisata alam atau pun melulu perkara bisnis. Nyatanya Medan juga mempunyai banyak wisata kuliner yang khas dan unik yang layak untuk dicoba. 

Rekomendasi Tempat Kuliner di Medan

Jika ada rencana berkunjung ke kota Medan dalam waktu dekat ini, terlebih bagi orang yang memang belum pernah kesana, maka jangan sampai kamu terlewat dengan kulinernya ya beb. Berikut rekomendasi kuliner yang sebaiknya kamu coba.

Kedai Durian Ucok

Durian Ucok
google.doc

Wisata kuliner di Medan pertama yang wajib dikunjungi adalah Kedai Durian Ucok. Bagi para pecinta durian nih, wajib banget untuk datang ke tempat yang berada di Jalan K.H Wahid Hasyim ini. Kamu bisa merasakan kelezatan durian Medan yang dikenal mempunyai daging buah yang tebal dan berasa manis. 

Nah, kelebihannya di Kedai Durian Ucok ini, kamu bisa dengan bebas memilih durian mana yang akan dicicipi. Tidak perlu khawatir soal rasa, kalaupun nantinya ada rasa durian yang kurang manis, kita bisa kok untuk menukarnya secara langsung di kedai ini. 

Untuk harganya sendiri, durian kupas di Kedai Durian Ucok ini dipatok dari mulai harga 85k hingga 110k. Sedangkan untuk durian non kupas atau dibawa pulang, harga disesuaikan dengan ukuran buahnya.

Jika kamu belum dapat tempat yang sesuai untuk merebahkan diri, jangan khawatir. Sebab dekat dengan kuliner ini juga tersedia hotel murah di Medan kota sebagai alternatif tempat menginap.

Baca juga: 4 Keunikan Sambal Lalap

Rujak Kolam Takana Juo

Selain durian, kita juga bisa menikmati wisata kuliner di Medan selanjutnya adalah Rujak Kolam Takana Juo. Rujak Kolam Takana Juo ini merupakan rujak khas Medan Minang yang sudah ada sejak dahulu kala. Sedikit berbeda dengan rujak pada umumnya, Rujak Kolam Takan Juo ini memiliki rasa pedas yang khas. 

Rasa khas yang ada pada rujak jenis satu ini berasal dari campuran pisang batu, terasi, beserta kacang yang sebelumnya sudah digiling terlebih dahulu untuk menjadi bumbu. Perlu diketahui nih, pisang juga tidak digiling halus, sehingga nantinya bisa menghasilkan rasa sepat dan manis yang menjadi satu. Ini asli mantul banget. Aku jadi kangen rujak yang kuahnya pake pisang ini. 

Pemberian nama Rujak Kolam Takana Juo sendiri berasal dari lokasinya yang berada di dekat kolam Taman Sri Deli yang pemiliknya bertanah kelahiran Sumatera Barat (Takano Juo). Rujak Kolam Takana Juo ini dibandrol dengan harga yang murah, yakni hanya 20k saja setiap satu porsinya.

Ada juga hotel murah di Medan yang aman dengan lokasi yang tidak jauh dari Rujak Kolam Takana Juo ini.

Merdeka Walk

google.doc
banyak sebenarnya poto-poto pribadiku di Medan ini, 
tapi semua tersimpan di laptop yang kini rusak. hikss
terpaksa comot google

Duh, bicara soal Merdeka Walk, aku jadi teringat perkenalan konyol kami dengan abang-abang Lampung selepas olahraga pagi. Ckckck..

Memang jika berkunjung ke Medan, kurang lengkap rasanya jika belum mengunjungi pusat wisata kuliner Medan di Merdeka Walk. Merdeka Walk ini berada di Jalan Balai Kota, Kesawan yang lokasinya berada persis di depan Hotel Grand Aston. 

Seperti julukannya sebagai pusat wisata kuliner, di Merdeka Walk ini kita akan dapat menemukan berbagai jenis makanan. Dari mulai makanan khas Medan hingga makanan yang hits dan kekinian. Terhitung ada 30 lebih jenis outlet yang berada di kawasan Merdeka Walk ini. 

Beberapa jenis makanan yang bisa kita temui di sana yakni seperti lontong sayur, steak, sushi, sate, dan masih banyak lagi. Untuk harganya sendiri, tentu sangat bervariasi menyesuaikan jenis, ukuran, dan jumlah makanan yang dijual. 

Agar semakin menyenangkan, kamu bisa datang ke Merdeka Walk pada saat malam hari, karena biasanya di malam hari, akan banyak pertunjukkan menarik dari lomba-lomba seperti dance (nari) ataupun musik (band).

Nah, itulah 3 rekomendasi tempat wisata kuliner di Medan  yang bisa kamu kunjungi. Jadi, tunggu apalagi? Kamu juga bisa menemukan banyak informasi tentang hotel murah di Medan yang bisa disinggahi saat berlibur di Medan! Horas!!

Makanan khas Medan lainnya : Daun Ubi Tumbuk

Tidak ada komentar

Posting Komentar