Search

Tips Liburan Bareng Keluarga saat Lebaran, Pasti Seru!

Libur Lebaran Keluarga
https://www.freepik.com/premium-photo/muslim-family-travel-by-car-during-eid-mubarak-celebration_13280997.htm#page=2&query=liburan%20keluarga&position=37&from_view=search&track=ais


Momen lebaran menjadi kesempatan untuk berkumpul dengan keluarga di kampung halaman. Setelah acara silaturahmi dengan kerabat dan tetangga kelar, biasanya akan dilanjutkan dengan liburan atau pergi ke tempat wisata. Untuk mengisi hari libur yang masih tersisa sebelum balik ke perantauan, biasanya keluarga mengadakan piknik atau vakansi bersama untuk menambah keakraban. 


Tidak perlu berwisata ke tempat yang jauh. Cukup pergi ke tempat wisata terdekat pun sudah mengasyikan, asalkan dipersiapkan dengan baik. Salah satu yang perlu dipersiapkan adalah keuangan. Untuk memudahkan keperluan transaksi saat lebaran, Anda bisa memanfaatkan mobile banking supaya pembayaran bisa lebih praktis. Cara daftar mbanking dan penggunaannya pastinya Anda sudah sangat akrab. 


Liburan bersama keluarga tentunya perlu dipersiapkan sebaik mungkin karena mengajak banyak orang atau beramai-ramai. Tanpa adanya persiapan, bisa-bisa kegiatan liburan keluarga bisa terganggu atau membuat Anda rugi, seperti pengeluaran membengkak, kendaraan bermasalah, hingga anak-anak rewel. Pastinya Anda tidak mau kan momen liburan keluarga justru berantakan atau kacau. 


Tips Liburan Bareng Keluarga saat Lebaran




Liburan bareng keluarga adalah kegiatan yang tepat untuk menikmati quality time bersama orang-orang terdekat. Momen yang hanya datang setahun sekali ini tentunya perlu dimanfaatkan sebaik mungkin, terutama jika anggota keluarga Anda banyak merantau ke daerah lain. 


Supaya kegiatan liburan keluarga saat lebaran bisa berjalan lancar dan penuh keceriaan, berikut sejumlah tips yang harus Anda terapkan. 


  1. Memilih Tujuan Wisata

Hal pertama saat mempersiapkan liburan keluarga adalah menentukan tempat wisata tujuan. Ajaklah keluarga untuk berdiskusi mengenai tempat wisata yang akan dipilih. Tidak harus mencari lokasi yang jauh. Meski lokasinya dekat dari kota atau kampung halaman Anda, momen liburan bareng keluarga akan tetap berkesan. Beberapa pilihan wisata yang menjadi favorit, di antaranya pantai, kebun binatang, taman hutan raya, air terjun, taman rekreasi. 


Apalagi saat ini mencari referensi tempat wisata sangatlah mudah. Anda tinggal membuka media sosial untuk mencari tempat wisata yang sedang hits. Hindari pergi ke tempat yang sama dengan yang dikunjungi ketika lebaran sebelumnya. Pilih tempat wisata baru untuk mendapatkan suasana yang berbeda. 


  1. Menyiapkan Anggaran Liburan

Setelah menentukan tempat wisata tujuan liburan keluarga, langkah selanjutnya adalah menyiapkan anggaran. Meski kantong Anda sedang tebal saat lebaran, namun Anda tetap harus menghitung kebutuhan anggaran liburan secara detail agar tidak boros. Apalagi liburan ramai-ramai bersama keluarga akan membutuhkan banyak pengeluaran.


Anda perlu menyiapkan anggaran mulai dari kebutuhan dari keberangkatan hingga kepulangan, serta untuk setiap orangnya. Hitunglah mulai dari ongkos perjalanan, tiket masuk, biaya konsumsi, dan kebutuhan lainnya di tempat wisata. 


  1. Mengecek Kesiapan Kendaraan

Pastikan Anda mengecek kesiapan kendaraan sebelum berangkat liburan bersama keluarga. Jangan sampai liburan Anda jadi kacau karena kendaraan mogok di perjalanan. Jadi pastikan kendaraan Anda aman dan dalam kondisi baik untuk membawa keluarga pergi ke tempat wisata. 


Selain itu, Anda juga perlu mempelajari kondisi jalan dan medan menuju lokasi wisata tujuan. Apabila trek yang dilalui terjal dan berliku, maka sopir harus berhati-hati mengemudikan kendaraan. Lewat Google Maps, Anda juga bisa memantau kondisi jalan apakah lancar atau macet. Jika macet, Anda bisa mencari jalan alternatif.


  1. Menyiapkan Peralatan dan Kamera

Saat akan berangkat ke tempat wisata, jangan lupa untuk membawa peralatan piknik, seperti tikar, payung, dan kamera. Meski tempat wisata biasanya menyediakan persewaan tikar, tapi dengan membawa tikar sendiri Anda bisa menghemat pengeluaran. Tikar dibutuhkan sebagai alas duduk keluarga Anda untuk bersantai menikmati momen liburan. 


Kamera juga menjadi alat yang tidak boleh dilewatkan saat pergi berlibur. Anda membutuhkan kamera untuk mengabadikan momen kebersamaan keluarga. Sangat sayang kan apabila momen langka ini tidak didokumentasikan. Nantinya Anda bisa mencetak foto tersebut sebagai kenang-kenangan untuk dipajang di rumah. 


  1. Memesan Penginapan Jauh-Jauh Hari

Apabila Anda dan keluarga berniat untuk liburan selama beberapa hari dan menginap, lebih baik pesan hotel sejak jauh-jauh hari. Saat hari libur, biasanya tempat wisata selalu ramai dan begitupun hotel akan penuh. Jika Anda booking penginapan mepet hari keberangkatan, bisa jadi Anda akan kehabisan kamar. 


Jadi Anda perlu reservasi hotel dari jauh-jauh hari supaya tidak kehabisan. Apalagi saat ini booking penginapan bisa dilakukan secara online. Dengan reservasi lebih awal, Anda bisa memilih hotel sesuai keinginan keluarga dan dekat tempat wisata. 


  1. Tidak Wajib Beli Oleh-Oleh

Biasanya saat pergi berlibur, ada keinginan untuk membeli buah tangan atau oleh-oleh. Saat ingin membeli oleh-oleh, Anda perlu melihat kondisi keuangan. Jangan memaksa beli oleh-oleh apabila keuangan Anda tidak berlebih. Jadi pikirkan bahwa tidak wajib membeli souvenir atau pernak-pernik yang dijual di tempat wisata. 


  1. Membawa Perlengkapan Kesehatan

Setiap orang pastinya ingin berlibur dalam kondisi yang fit atau sehat. Namun seringkali muncul masalah kesehatan yang tidak terduga saat tengah berlibur. Untuk mengantisipasi hal itu, Anda perlu membawa perlengkapan kesehatan berupa obat penting dan P3K. Apalagi jika Anda mengajak anak kecil, yang mana lebih sensitif terhadap perubahan cuaca atau lingkungan. 


  1. Memanfaatkan Pembayaran Online

Tips terakhir agar liburan keluarga bisa berjalan lancar adalah dengan memanfaatkan pembayaran online. Anda bisa menggunakan mobile banking untuk keperluan transaksi selama liburan. Mobile banking adalah platform keuangan digital yang disediakan oleh perbankan untuk memudahkan berbagai transaksi di era digital. 


Dengan menggunakan mobile banking, Anda bisa melakukan pembayaran secara praktis. Misalnya untuk booking hotel secara online, reservasi tiket masuk, membayar bill makan, dan sebagainya. 


Itulah beberapa tips yang akan membuat kegiatan liburan Anda berjalan lebih lancar dan mengasyikan. Bagaimana, sudah siap mengajak keluarga menikmati quality time dengan liburan bersama? 


Memanfaatkan Mobile Banking saat Liburan Bareng Keluarga


Ada berbagai transaksi yang akan Anda lakukan saat liburan bersama keluarga di momen lebaran. Anda bisa memanfaatkan mobile banking untuk memudahkan berbagai transaksi, seperti membayar booking penginapan, membayar HTM tempat wisata, makanan, dan lainnya. 


Anda bisa menggunakan fitur QR Pay dalam mobile banking untuk melakukan pembayaran non tunai. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan mobile banking untuk top up e-wallet yang nantinya digunakan sebagai alat pembayaran online. Salah satu mobile banking yang menyediakan dua fitur tersebut adalah PermataMobile X


Cara daftar mbanking PermataMobile X sangatlah mudah dan persyaratannya nggak ribet. Tidak hanya menyediakan fitur QR Pay dan top up e-wallet, PermataMobile X juga memiliki ratusan fitur lain yang mendukung kebutuhan transaksi di era digital. 


Berbagai layanan yang tersedia di PermataMobile X, di antaranya transfer dana dengan BI-fast, membayar tagihan (listrik, internet, cicilan, dan lainnya), fitur login dengan Face ID dan fingerprint, kartu kredit, mengelola kartu kredit (seperti mengubah transaksi jadi cicilan, aktivasi kartu kredit, dan sebagainya), WhatsApp gift, investasi, cek mutasi rekening hingga 12 bulan, serta tarik tunai tanpa kartu di PermataATM dan Indomaret dengan fitur Mobile Cash. 


Informasi lebih lengkap mengenai cara daftar mbanking PermataMobile X dan persyaratannya bisa Anda baca di laman https://www.permatabank.com/id/permatamobilex


Tidak ada komentar

Posting Komentar