Search

Apa Itu Outgoing Remittance? Cari Tahu di Sini!

 

https://unsplash.com/photos/utWyPB8_FU8

Remittance adalah layanan kirim uang ke luar negeri dalam bentuk valuta asing (valas). Layanan tersebut tidak hanya sebagai sarana pengiriman uang saja, tapi juga menjadi sumber utama perdagangan valas untuk negara berkebang. Dengan kata lain, remittance ikut membantu perekonomian suatu negara. 


Cara kirim uang ke luar negeri tidak sesederhana proses pengiriman uang antar rekening atau antar bank dalam negeri. Pasalnya, terdapat perbedaan sistem perbankan yang diterapkan di Indonesia dengan perbankan luar negeri. 


Umumnya, perbankan luar negeri menerapkan sistem International Bank Account Number (IBAN), sedangkan Indonesia menerapkan sistem Society for Worldwide Interbank Finanial Teleouication (SWIFT). Sehingga pada saat terjadi transfer uang valas, terjadi penyesuaian proses mengikuti sistem yang berlaku.

Pengertian dan Contoh Outgoing Remittance

sumber: https://unsplash.com/photos/SpVHcbuKi6E


Berdasarkan tujuan pengiriman, remittance terbagi menjadi dua jenis, yaitu incoming remittance yang berarti kirim uang ke luar negeri ke negara asal penerima. Misalnya Anda yang berada di Indonesia menerima kiriman uang dari keluarga yang bekerja di luar negeri, maka keluarga Anda sedang melakukan incoming remittance. 


Jenis remittance lainnya adalah outgoing remittance, yaitu pengiriman uang dari dalam negeri dalam bentuk mata uang lokal ke luar negeri yang akan diterima dalam bentuk valas. 


Beberapa hal penting yang wajib diketahui dan diperhatikan dalam proses outgoing remittance, antara lain:

  1. Komponen Remittance

Terdapat empat komponen dalam transaksi remittance. Pertama adalah beneficiary atau penerima uang yang dikirimkan sesuai data yang Anda input dalam formulir layanan outgoing remittance. Komponen kedua adalah beneficiary bank atau bank yang ditunjuk sebagai penerima dana sementara untuk diteruskan pada beneficiary


Komponen selanjutnya adalah remitting bank yaitu bank yang menyediakan layanan remittance untuk proses pengiriman uang ke bank di luar negeri sesuai instruksi dari Anda selaku pengirim uang. 


Cara kirim uang ke luar negeri membutuhkan komponen keempat yaitu correspondent bank sebagai penghubung antara remitting bank yang mengirimkan uang dengan beneficiary bank yang menerima uang.

  1. Mekanisme Remittance

Untuk melakukan outgoing remittance, Anda bisa mengunjungi bank yang menyediakan layanan tersebut atau remitting bank, meskipun Anda bukan nasabah di sana. Pihak bank akan memberi formulir yang wajib Anda isi berupa data lengkap identitas Anda, identitas penerima, juga nama dan nomor rekening bank penerima dana. 


Bank akan melakukan proses kirim uang ke luar negeri yang Anda ajukan. Jika Anda berstatus nasabah remitting bank, maka uang yang akan dikirim bisa langsung didebet dari rekening valas yang Anda miliki. 


Tapi jika Anda membawa uang tunai dengan mata uang lokal, maka harus dikonversi lebih dulu ke dalam mata uang asing negara tujuan sesuai nilai yang berlaku di hari pengiriman. Setelah proses konversi mata uang selesai, bank akan melanjutkan prosesnya melalui correspondent bank sebagai penghubung ke bank penerima di luar negeri. Anda harus menunggu penyesuaian prosesnya selama beberapa waktu, sampai bank penerima memberi konfirmasi penerimaan uang dan meneruskannya ke penerima uang yang Anda tunjuk.

  1. Sistem SWIFT

Seperti yang telah Anda ketahui, perbankan Indonesia menerapkan sistem SWIFT dalam proses remittance. Sistem ini memang jarang digunakan oleh negara-negara di luar negeri, tapi masih ada beberapa negara yang menggunakannya dengan alasan lebih mudah diterapkan dibanding sistem perbankan untuk cara kirim uang ke luar negeri yang lainnya. 


Anda hanya perlu menyediakan data berupa nama dan kode remitting bank serta nama dan kode beneficiary bank di luar negeri. Langkah selanjutnya, Anda bisa langsung melakukan pengisian formulir untuk menunjuk penerima dana dengan menyertakan nominal jumlah uang yang akan dikirim. 


Pada sistem SWIFT, bank akan memilih kode preset untuk memberi pesan pada beneficiary bank tentang nominal uang dan data penerima uang. Kode SWIFT memiliki Badan Usaha Identifier (BEI) untuk bisa dikenali dan digunakan ke seluruh negara tujuan.

  1. Manfaat Remittance

Melakukan  cara kirim uang ke luar negeri  menggunakan layanan outgoing remittance, berarti Anda ikut berpartisipasi dalam kehidupan bernegara. Remittance menjadi sumber pendapatan negara berkat proses penukaran mata uang yang terjadi di setiap transaksinya. Konversi mata uang menggunakan kurs jual beli valas menghasilkan nilai keuntungan bagi bank penyedia layanan remittance, sehingga membantu perkembangan perekonomian negara tersebut.

  1. Contoh Outgoing Remittance

Beberapa contoh kirim uang ke luar negeri menggunakan layanan outgoing remittance, misalnya untuk pengiriman uang kuliah dan biaya hidup anak di luar negeri. Anda juga bisa melakukan pengiriman uang ke luar negeri dengan tujuan lain, seperti kebutuhan bisnis, belanja melalui toko retail online atau e-commerce luar negeri, serta untuk kebutuhan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit luar negeri. 


Outgoing remittance juga bisa ditujukan untuk pengiriman dana bantuan bagi korban bencana alam atau korban peperangan yang terjadi di luar negeri serta masih banyak contoh lain yang menggunakan layanan perbankan ini.

Keunggulan Remittance melalui Aplikasi Perbankan Digital

Jika selama ini Anda mengetahui cara kirim uang ke luar negeri dengan mengunjungi bank atau kantor pos terdekat, sekarang sudah ada cara yang lebih mudah yaitu melalui aplikasi perbankan digital seperti digibank by DBS


Menggunakan layanan remittance melalui aplikasi menawarkan banyak keunggulan yang bisa Anda manfaatkan untuk kemudahan proses transaksinya.


Dengan melakukan layanan remittance melalui Aplikasi digibank by DBS, Anda bisa mendapatkan keunggulan yang ditawarkan, antara lain:

  • Layanan bisa dilakukan selama 24/7, praktis dan mudah menggunakan smartphone

  • Gratis ongkos kirim uang ke lebih dari 20 negara dengan mata uang USD, SGD, AUD, EUR, HKD, CAD, GBP.

  • Nilai tukar valas kompetitif dan terkini

  • Transfer same day, dana diterima di hari yang sama


Dengan banyak manfaat yang diberikan layanan outgoing remittance, Anda bisa mempercayakan kirim uang ke luar negeri melalui Aplikasi digibank by DBS untuk berbagai macam kebutuhan. Aplikasi perbankan digital tersebut terpercaya dan aman dengan jaminan dan pengawasan langsung dari BI dan OJK. 


Pastikan kebutuhan pengiriman uang ke luar negeri Anda lakukan melalui digibank by DBS untuk memanfaatkan sederet keunggulan di atas. Dapatkan informasi lengkap dan detail terkait layanan remittance melalui Aplikasi digibank by DBS di sini.







Tidak ada komentar

Posting Komentar