Memilih Asuransi yang Tepat Untuk Keluarga


 Kata asuransi tentu saja sudah tidak asing lagi di telinga kita ya, guys. Semakin ke sini semakin banyak saja lembaga yang menawarkan asuransi untuk perlindungan diri dan keluarga. Jika merujuk pada wikipedia, asuransi merupakan istilah yang digunakan untuk merujuk pada tindakan, sistem atau bisnis di mana perlindungan finansial (ganti rugi secara financial) untuk jiwa, properti, kesehatan dan lain sebagainya mendapatkan penggantian dari kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga yang dapat terjadi seperti kematian, kehilangan, kerusakan, atau sakit, dimana melibatkan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut.
Dengan demikian, bergabung dengan asuransi merupakan bentuk sebuah ikhtiar kita untuk melindungi diri atau pun aset yang kita miliki dari kejadian yang akan datang yang belum kita ketahui. Namun, untuk menentukan asuransi apa yang kita ikuti, pun apa-apa saja yang perlu diasuransikan, ada baiknya kita memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Tentukan kebutuhan

Seperti yang sudah kita ketahui, asuransi itu banyak macamnya. Ada asuransi jiwa, asuransi properti, asuransi barang berharga, asuransi pendidikan, dan asuransi-asuransi lainnya. Karena itu, perlu kiranya kita tentukan mana yang paling prioritas untuk diasuransikan. Setiap orang beda kebutuhannya. Maka jangan sampai kita mengikuti asuransi hanya sekedar ikut-ikutan dan sekedar memenuhi ajakan teman-teman.  Harus kita cerna dan list benar-benar mana yang paling utama.

2. Sesuaikan kemampuan

Asuransi akan berjalan jika premi yang sudah ditentukan mampu dibayarkan tepat waktu. Oleh sebab itu, sebelum memilih asuransi, kita harus tau dulu berapa kira-kira keuangan yang bisa kita sisihkan untuk pembayaran premi asuransi. Jangan sampai pembayaran premi mogok di tengah jalan.

3. Telisik keabsahan asuransi

Sekedar  waspada pastilah boleh. Maka sebelum menentukan pilihan, pelajarilah betul-betul sistem asuransi yang ingin kamu masuki. Cek legalitasnya, sistemnya, keuntungannya, kelemahan dan kelebihannya, serta hal-hal terkait yang kamu rasa perlu. Kalau bisa jangan cuma satu nama asuransi, tetapi selidikilah beberapa. Agar kamu bisa membandingkan mana yang layak untuk kamu dan mana yang tidak.

4. Premi hemat, perlindungan hebat

Sudah bawaan dari sononya kalo semua orang pasti ingin mendapatkan sesuatu sehemat mungkin namun kualitas sehebat mungkin. Apalagi emak-emak, maunya banget ini mah. Sebab itu, carilah asuransi yang preminya tidak memberatkan namun pelindungannya menyenangkan banget. Bila perlu bisa mengcover orang seisi rumah. Jadi jangan terburu-buru menentukan pilihan ya.

Mari Berkenalan dengan PRUlink



PRUlink ini merupakan program terbaru yang digagas oleh Prudential Indonesia. Tau sendirikan ya, prudential itu sudah lama banget ada dan cukup ternama di tanah air. Jadi untuk asuransi yang satu ini dijamin gak ilegal dan gak asal-asalan. Program PRUlink ini terbagi dua, yakni PRUlink Generasi Baru (PGB) dan PRUlink Syariah Generasi Baru (PSGB). PGB dan PSGB memberikan solusi asuransi jiwa terkait investasi yang inovatif dari Prudential Indonesia yang memberikan perlindungan jiwa sekaligus alokasi investasi positif sejak tahun pertama dan hadir dengan 3 keunggulan.

PRUlink generasi baru ini memberikan perlindungan berupa Uang Pertanggungan (UP) hingga usia 99 tahun dan dikaitkan dengan investasi. Setidaknya, terdapat dua manfaat dasar dari PGB dan PSGB ini, yakni:



<5 berlaku="" br="" konsep="" lien="" tabel="" tahun="">Nah, kalau sudah tau manfaatnya nih ya, tentu saja dong kita juga perlu kepoin keunggulan dari asuransi yang akan dipilih. Jika kamu tertarik bergabung dengan PRUlink, itu sangat baik. Karena PGB dan PSGB ini punya 3 keunggulan yang bisa diandalkan. Apa saja itu?

1. Terdapat pilihan untuk meningkatkan perlindungan dengan PRUbooster proteksi

Fasilitas peningkatan Uang Pertanggungan PRUlink syariah generasi baru dan up PRUlink term (jika ada) secara otomatis sebesar 5% setiap tahunnya tanpa proses underwriting ulang sampai usia 55 tahu yang bisa dipilih saat pengajuan awal SPAJ.

2. PRUbooster investasi dan alokasi investasi positif untuk premi sejak tahun pertama.

Tambahan alokasi investasi sejak premi pertama kali dibayarkan dan nasabah akan terus mendapatkan PRUbooster investasi selama premi dibayar tepat waktu dalam masa grace period.


3. Terdapat pilihan manfaat asuransi tambahan yang luas

Asuransi tambahannya berupa PRUtotal & permanent disablement dan PRUtotal & permanent disablement syariah, dimana PRUtotal & permanent diablement (syariah) memberikan 100% uang pertanggungan juka Tertanggung Utama (TU) mengalami cacat total dan tetap. Fitur ini cocok sekali bagi orang-orang yang pekerjaannya sangat beresiko mengalami kecelakaan kapan saja. Seperti sopir, pekerja bangunan, dan semacamnya.

Eits, gak sampai disitu. Ada pula asuransi tambahan PRUcritical hospital cover & PRUcritical hospital cover syariah. 


Produk ini memberikan perlindunan kondisi kritis untuk setiap tahapan perawatan atas 12 kondisi kritis sesuai ketentuan polis. Kondisi kritis yang dilindungi PRUcritical hospital cover (syariah) ini antara lain:

1. Kanker
2. Stroke
3. Serangan jantung
4. Gagal ginjal
5. Bypass grafting arteri koroner
6. Bedah katup jantung
7. Bedah aorta
8. Bedah pengangkatan satu paru-paru
9. Bedah pengangkatan satu ginjal
10. Bedah penyakit liver
11. Tranplantasi organ utama
12. Angiplasty dan perawatan invasif untuk penyakit arteri koroner
Kita dapat juga menikmati manfaat baru yang ahnya dibayarkan pada rider CHC, yakni:
1. Perlindungan palliatif
2. Penilaian keamanan dan modifikasi rumah stroke
3. Biaya pembelian rambut palsu untuk penderita kanker
4. Santunan pemeliharaan kesehatan
5. Konseling psikologis

Wuihh, keren gak tuh? Walau demikian, kita tetap harus mempelajari dulu baik-baik ya sebelum tandatangan kontrak polis, agar tak terjadi salah paham dan penyesalan. Yang pasti PRUlink ini sangat cocok buat keluarga kecil kita sebab preminya lumayan hemat tetapi bisa mengcover satu keluarga.





9 komentar

  1. Wah penyakit kritis juga dicover ya saka prulink..

    BalasHapus
  2. Sekarang penyakit makin banyak dan pemicunya juga banyak butuh waspada dan asuransi juga

    BalasHapus
  3. Saya juga pakai prudential syariah hehe... buat tambahan jaga2 asuransi wajib (BPJS)

    BalasHapus
  4. Wah proteksinya banyak juga ya mba. Ntap. Asuransi emang penting banget buat jaga-jaga kalo someday something bad happen!

    BalasHapus
  5. Asuransi adalah hal yang penting untuk hari tua ya

    BalasHapus
  6. Mantep nih kak informasinya, karena asuransi memang penting banget dan masig bnyk otng yg blm mengetahui apa fungsi dri asuransi ini

    BalasHapus
  7. Informsi yang bagus, tetapi saya sudah trauma dengan asuransi, ketika kita tidak mampu membayar premi tepat waktu atau terlambat akhirnya hangus. Jadi saat ini pakai BPJS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap asuransi emang beda2 aturannya. Makanya di awal saya bilang pelajari betul2 asuransi yg akan dimasuki. Biar gak ada penyesalan di akhir. Terima kasih sdh berkunjung.

      Hapus