Search

5 Kebaikan Melakukan Pencatatan Keuangan

Catatan Keuangan

Masih ingat kali dalam ingatan waktu zaman kuliah dulu. Tiap emak kirim uang bulanan, langsung kucatat pengeluaran apa saja di bulan itu hingga nanti diakhir bulan sisa berapa atau malah minus. Hahaha.. klo sisa, biasanya langsung kutabung. Padahal kalo kata pakar-pakar keuangan itu, semestinya nabung itu bukan dari uang yang tersisa, tapi memang benar-bena dialokasikan dari penghasilan bulanan. Apalah daya, anak kos macam aku mana ada penghasilan bulanan. Yang ada subsidi orang tua..wkwkwk..

Aku sampe pernah diledek lho sama teman sekamar. Sebegitu rajinnya aku katanya nyatat-nyatat kemana aja uang melayang. “klo aku mah males, udah habis ya udah,nanti minta lagi”, begitu katanya.

Sebenarnya emakku gak nuntut aku harus laporan sedetil itu lho. Tapi aku senang aja klo ada catatan. Jadi terasa puas klo kita tau duit itu pergi kemana aja. Buat sebagian orang yang begitu itu termasuk perhitungan. Tapi bagiku sih nggak. 

Sayangnya, kebiasaan mencatat arus keuangan ini tidak berlanjut hingga kini aku sudah hampir beranak tiga. Kesibukan-kesibukan yang ada bikin lupa mau catat mencatat. Apalagi pengeluaran rumah tangga itu banyak tak terduganya. Jadi kadang yang udah terencana tetiba buyar, hingga akhirnya gak terkaji lagi mau nuliskan apa dan kemana saja uang berputar. 

Maka beruntunglah generasi yang hidup zaman sekarang, termasuk aku yang masih sempat menyicipi teknologi canggih belakangan ini. lihatlah, apa-apa sekarang serba online. Mulai dari soal belanja-belanji, transportasi, hingga perkara keuangan pun sudah serba online. Uniknya, fitur-fitur yang disediakan pun gak membosankan. Contohnya saja soal keuangan. Gak hanya perkara tabungan online, satu aplikasi keuangan bisa memiliki fitur menarik yang jadi solusi permasalahan orang-orang zaman now. Salah satu aplikasi keuangan yang mudah digunakan adalah aplikasi Senyumku. 

MENGAPA HARUS SENYUMKU?

Sebelum kita menelisik alasan mengapa senyumku layak digunakan, yoklah kita kenalan dulu apa sebenarnya senyumku ini. 

Jadi begini bestie...

Senyumku ini merupakan sebuah aplikasi bank digital yang mulai beroperasi pada tahun 2019,  dimana aplikasi ini merupakan produk PT. Bank Amar Indonesia untuk membantu kita melakukan seluruh aktivitas keuangan dengan mudah dan aman, mulai dari menabung, transfer hingga melakukan pembayaran. Gak cuma itu, aplikasi senyumku juga menyediakan fitur-fitur menarik salah satunya adalah fitur catat. Nah, fitur inilah yang bisa kita gunakan untuk mencatat seluruh pemasukan dan pengeluaran sehari-hari hanya dalam satu genggaman Android saja. Jika dibandingkan dengan catatan manual, tentu ini lebih praktis dan mudah. Sebab bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. 

Selain itu, ada beberapa keunggulan yang bisa diandalkan dari Senyumku ini:

1. Buka rekening online tanpa setoran awal

2. Bunga tabungan kompetitif

3. Pengelolaan keuangan semakin mudah dengan teknologi canggih

4. Fitur-fitur yang banyak mendukung cara mengatur keuangan dengan mudah, seperti fitur Celengan Senyumku, Auto Categorization, Spending Alert, Sepnding Meter, Monthly Spending dan Daily Digest.

Ooww... tenang saja, gak perlu khawatir soal keabsahan Senyumku ini. Sebab aplikasi ini sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Oh ya, selain punya fitur catat ini, yang menjadi alasan lain mengapa senyumku layak guna adalah karena aplikasi keuangan ini bebas biaya admin dan free transfer kemana saja lho. Jadi gak perlu mikir mau transfer ke lain bank. Senyumku sudah memberi kemudahan pada setiap transaksi nasabahnya. Kalo masih penasaan, kamu boleh dong kepoin di senyumku.com.


Tahapan Registrasi di Aplikasi Senyumku

Namanya aja bank digital, jadi resgitrasi hingga pembuatan rekeningnya pun tentu via online dong. Gak perlu pake antri ke banknya. Sebelum mendaftar, pastikan kamu:

1. Tercatat sebagai WNI

2. Telah genap berusia 17 tahun

3. Punya KTP

Jika ketiga item itu telah terpenuhi, itu artinya kamu sudah bisa registrasi di senyumku ini. tahapan regisnya mudah kok:

1. Download aplikasi senyumku di Playsoter (Android). Mesti Android ya, karena sejauh ini aplikais Senyumku baru bisa diakses via Android saja

2. Setelah itu, buka aplikasi Senyumku, lalu klik “Daftar”

3. Isi semua data diri yang diminta

4. Unggah poto KTP dan selesaikan pengisian data-data berikutnya hingga ke tahap akhir

5. Tunggu pihak Senyumku menghubungi untuk melanjutkan proses verifikasi

6. Proses pembukaan rekening Senyumku pun selesai, dan resmi deh jadi Sahabat Senyumku

Kalo sudah begini, selamat ya..kamu sudah bisa menggunakan semua fitur yang ada di Senyumku, dan nikmati menabung dan bertransaksi mudah di sini. 

Kebaikan dari Melakukan Pencatatan Keuangan

Meski bagi sebagian orang mungkin konyol dan kurang kerjaan, tapi kebiasaan melakukan pencatatan keuangan ini tergolong ke dalam kebiasaan baik kok. Gak percaya? Berikut kebaikan yang terselip dibalik kebiasaan melakukan pencatatan keuangan ini.

1. Lebih bisa menghargai uang, jadi tidak mudah untuk berboros-boros ria

2. Bisa mempertimbangkan mana pengeluaran yang layak dipangkas dan mana yang tidak, sehingga bisa menambah alokasi saving

3. Rasa puas dalam hati karena arus finansial terlihat jelas. 

4. Bisa melakukan perencanaan keuangan terhadap impian ke depan. 

5. Melatih diri untuk selalu disiplin dan rapi. 

ini dulu ya bestie, semoga bermanfaat! 

Tidak ada komentar

Posting Komentar