Search

4 Manfaat Mainan Boneka Bagi Kemampuan Sosial Anak

Boneka ruparupa.com
source: Ruparupa.com

 

Memberikan mainan kepada anak memang merupakan hal yang selalu dilakukan oleh setiap orang tua. 

“sayang anak..sayang anak”, begitu kata penjual mainan-mainan pinggir jalan itu. Hehehe...

Sebagai orang tua, tentu membelikan mainan ini jadi satu keharusan tersendiri. Tapi tetap saja mainan yang dibelikan harus sesuai kebutuhan si anak ya mak. Tidak serta merta membelikan apapun mainan yang diminta anak tapi mainan itu sendiri unfaedah. 

Biasanya, jika anaknya perempuan, mainan yang mendominasi adalah masak-masakan dan boneka. Sedang anak lelaki yang berjejer pasti mobilan, pistol-pistolan, dan robot-robotan. Saat ini, telah banyak pula beredar mainan yang bisa mengedukasi si anak. Salah satunya adalah  boneka yang bisa membantu perkembangan anak dan membuat mereka jadi belajar banyak hal. Mainan boneka juga bisa memberikan banyak manfaat untuk perkembangan kemampuan sosial anak.

Beberapa Manfaat Boneka Bagi Perkembangan Sosial Anak

1. Melatih Emosi dan Pikiran

Masih banyak yang mengatakan bahwa bermain boneka adalah mainan anak perempuan saja. Padahal, bermain boneka bisa membantu berkembangnya kemampuan sosial anak, baik untuk anak perempuan maupun anak laki-laki, lho.

Bermain dengan boneka juga dapat melatih anak untuk berinteraksi dengan orang lain, serta menumbuhkan kasih sayang, perhatian dan meningkatkan kebahagiaan mereka. Selain itu, anak-anak juga bisa lebih kreatif dalam merangkai cerita demi memainkan boneka mereka.

2. Mengajarkan Keberagaman

Model boneka anak saat ini cukup beragam dan tidak lagi mengikuti standar kecantikan pada masa lalu, yang identik dengan cantik, kurus, dan putih. Saat ini, model boneka sudah bervariasi, mulai dari kulit putih hingga hitam, kurus dan gemuk, serta pendek sampai tinggi. 

Jenis boneka yang semakin bermacam-macam ini, ternyata bisa membuat anak belajar untuk lebih mengenal keragaman dan mengajarkan mereka buat lebih toleransi. Anak pun bisa belajar bahwa setiap orang memiliki keistimewaan dan keunikannya masing-masing. 

Tapi aku pribadi lebih memilih boneka yang enak dilihat, bukan malah yang menakutkan apa lagi yang terkesan mistis. 

3. Mengajarkan profesi dan cita-cita

Siapa yang saat kecil dulu pernah bermain boneka selayaknya seorang dokter, polisi, atau bahkan koki? Nah, banyak boneka yang  sudah mulai didesain sesuai profesi yang ada.

Hal ini bertujuan untuk mengembangkan pola pikir anak dalam melakukan sebuah pekerjaan dan menentukan cita-cita yang diinginkan. Boneka profesi ini juga dapat mengenalkan anak terhadap tugas-tugas yang dilakukan oleh setiap profesi tersebut.

4. Meningkatkan kemampuan bahasa dan interaksi anak

Bermain boneka bisa mengembangkan imajinasi si kecil. Apalagi, mereka akan terbiasa merangkai cerita, bahkan akan membuat dialog atau percakapan dengan boneka kesayangan. Cara ini ternyata bisa melatih si kecil untuk berinteraksi dengan orang lain, lho.

Selain itu, si kecil pun juga dapat belajar untuk berbicara dalam berbagai bahasa. Apalagi, bila kamu memberikan boneka yang dapat mengeluarkan suara dalam berbagai bahasa, baik bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Korea, maupun bahasa Mandarin. Mereka bisa belajar bahasa dengan cara menirukan ucapan boneka tersebut sesuai dengan bahasanya.

Itulah dia beberapa manfaat memberikan boneka bagi anak untuk meningkatkan kemampuan sosialnya. Mainan boneka ini sangat mudah didapatkan kok. Hampir di setiap toko mainan ada yang jual, baik toko online maupun offline. Salah satunya kamu dapat menemukan berbagai boneka dan mainan berkualitas dari Toys Kingdom hanya di Ruparupa.com

Situs ini juga menjual perabot dan perlengkapan rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, dan lain-lain, lho. 

Yuk, belanja sekarang dan dapatkan berbagai promo menarik dari Ruparupa!


Tidak ada komentar

Posting Komentar