Search

Makanan Pereda Asam Lambung

Makanan Pereda Asam Lambung

Kalo kubilang, asam lambung ini penyakit sejuta ummat. Karena sebagian besar orang menderita penyakit ini, mulai dari hanya gejala hingga ke level kronis. Termasuk aku dong. Bahkan tahun 2007 silam aku sampe endoskopi karena asam lambung ini sudah cukup parah. Ya allah, kalo ingat itu, sungguh kutak mau terulang lagi. Sebab endoskopi itu sakit sekali bestih, macam kenak gorok. Sampe kusumpahkan pada waktu itu bahwa keluargaku jangan sampe ada yang mengalami endoskopi ini. 

Alhamdulillah, setahun setelah endoskopi asam lambungku mulai membaik. Hingga kini jarang kumat. Kuncinya hanya menjaga pola makan, pola tidur dan pikiran. Inilah yang menjadi musabab banyaknya orang terkena asam lambung. Pola hidup udah banyak rusak soalnya. Kalo dulu yang kutau asam lambung itu terjadi hanya karena telat makan alias tidak teratur. Ternyata makan terlalu bnayak pun apalagi di malam hari juga bisa jadi pemicu asam lambung. Dan stress? Ini juga jadi penyumbang naiknya kadar asam lambung di tubuh. 

Jadi memang baik sekali ajaran Rasulullah itu ya, agar makan sebelum (terlalu) lapar, dan berhenti sebelum (terlalu) kenyang. Kitanya aja kadang yang makannya brutal terlebih jika makanan itu rasanya uuuweenaaak syekalleeee. So gais, bagi kalian yang sampai saat ini belum terkena penyakit ini, selamat! Tetaplah jaga pola makan dan gaya hidup ya. Karena kalo sudah kena, ribet urusannya. 

Umbi Garut, Makanan Pereda Asam Lambung

Dengar kata Umbi Garut kok ingatanku malah ke Dodol Garut ya? hahaha... 

Betewe, jangan kira Umbi Garut ini muasalnya dari kota Garut ya say. Karena sesungguhnya si Umbi Garut ini berasal dari Filipina dan banyak ditemui di Kepulauan Karia dan Amerika Selatan. Jadi kampung halamannya bukan di Indonesia ya. 

Kandungan Umbi Garut
sumber: pustaka.setjen.pertanian.go.id

Dilansir dari situs pustaka.setjen.pertanian.go.id, umbi garut ini mengandung energi, lemak, pati, protein, serat, air. Juga memilik kandungan vitamin dan mineral. Kaitannya dengan asam lambung adalah bahwa kandungan pati yang ada pada umbi garut ini mampu meningkatkan kadar PH lambung sehingga bisa menurunkan jumlah dan luka pada lambung. kita bisa parut umbi garut ini, lalu diperas. Air perasannya inilah yang harus diminum untuk meredakan penyakit lambung.

Kabar baiknya, umbi garut ini ternyata bisa ditanam di pekarangan rumah. Jadi tidak memerlukan lokasi pertanian khusus untuk menanamnya. Tanaman garut termasuk pada tumbuhan yang batangnya lunak, berakar dangkal, dan bentuknya lonjong, warnanya putih agak kemerahan. Tumbuhnya pun mudah, terlebih di daerah pedesaan.  

Tak cuma bermanfaat meredakan asam lambung, umbi garut juga bisa menjadi kudapan orang yang sedang diet. Sebab ia mengandung karbohidrat dan energi yang cukup tinggi.  Serta kandungan seratnya lebih mudah dicerna dan bisa bertahan lama dalam tubuh sehingga umbi garut menimbulkan efek kenyang. Selain itu, umbi garut ini juga memiliki kandungan gluten yang rendah sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes atau orang-orang yang sensitif terhadap gluten. 

Gak Cuma pada umbi, pada akarnya pun memiliki kandungan folat yang bagus untuk pembentukan DNA janin dalam kandungan, sehingga ini rekomended banget buat bumil. Sayangnya aku baru tau sekarang tentang umbi garut ini, kalau tidakkan bisa kukonsumsi sewaktu hamil. 

sumber: pustaka.setjen.pertanian.go.id

Tips Makan Umbi Garut Secara Instan

Kekira di tempat kalian ada gak umbi garut ini? kalo kekira tidak ada, jangan syedih ya bestie. Kukasih tau cara mudah mendapatkan umbi garut ini. Atau tanaman ini justru mudah ditemukan di sekeliling kalian tapi mager buat marut dan meras airnya? Merapat sini, bisik-bisik kita soal cara praktis makan umbi garut.

Nutriflakes, Sereal Asam Lambung

Nah, ini dia, Nutriflakes yang merupakan sereal asam lambung yang aman dikonsumsi mulai dari anak usia 2 tahun hingga lansia. Mengapa demikian? Ya karena nutriflakes berbahan utama pati si umbi garut serta bahan alami lainnya seperti susu etawa, daun kelor, gula aren dan psyllium husk. Sudah terdaftar BPOM pula, jadi tak perlu ada rasa was-was saat memakan sereal ini ya. 

Nutriflakes
sumber: shopee

Sejak 2021, setidaknya sudah ada 68.000 konsumen yang sudah merasakan manfaat sereal umbi garut ini, mulai dari penderita asam lambung ringan hingga akut. Soal rasa tentu saja enak dan kekentalannya pas. Dengan adanya sereal ini, tentu saja ritual meras air parutan umbi garut ini pun lewat. Cucok banget bagi kamu yang anti ribet. Bahkan lagi travelling pun asam lambung bisa tetap dijaga, cukup dengan kudapan nutriflakes ini saja. 

Terus beli sereal ini dimana?

Jangan panik beib, kini zamannya online. Kamu yang di desa pun bisa merasakan manfaat nutriflakes ini. Cukup beli secara online saja via Toko Resmi Nutriflakes, duduk manis, tau-tau nanti Nutriflakes tiba di depan pintu dan langsung siap santap. Sarapan sehat, gizi lengkap, asam lambung lewat. 


Tidak ada komentar

Posting Komentar