Search

ASUS Zenfone 9 Idaman Emak Olshoper

ASUS Zenfone 9

“Jika kau tak bergerak, maka kau akan dikunyah-kunyah oleh waktu.

Dan jika kau tidak terbuka, maka kau akan ditenggelamkan oleh teknologi. 

Begitu kesimpulan yang bisa kubuat melihat perkembangan zaman yang pesat ini”.

Jika dulu aku bermedsos hanya untuk mencari teman, maka sekarang aku bermedsos buat nyari cuan. Rugi kalo tak ambil bagian. Agak terlambat sih sebenarnya. Tapi seperti kata-kata bijak itu, lebih baik terlambat memulai dari pada tidak sama sekali, tul gak?

Ada banyak sekali ladang cuan via media sosial sekarang ini. Sebut saja buzzer, influencer hingga olshoper. Dan aku mengambil porsi sebagai olshoper. Kalo diingat dulu, malu rasanya untuk berjualan. Tapi pas kutengok para olshoper itu mendulang uang hingga milyaran rupiah hanya dari medsos, dikerjakan dari rumah sambil momong bayik, dasteran pula, mana bisa gak bergejolak ya kan. Sayang aja gitu kuota habis hanya buat kepoin status orang, kadang pun baca postingan yang gak penting pula. Habis kuota beli lagi, scrolling lagi, gitu aja terus. Kalo kuotanya dimanfaatin buat meraup pundi-pundi kan gak ribet lagi mikirin biaya kuota, begitu pikirku. 

Maka dengan Bismillah, kumulai bisnis skincare di awal tahun 2021 lalu. Kutaklukkan segala ketakutan dan kekhawatiran, kusiapkan mental atas segala resiko bisnis yang mungkin terjadi, dan tentu saja kupelajari pelan-pelan ilmu bisnis dari nol. Disitu kusadari betapa ceteknya ilmuku di bidang bisnis. Untungnya, zaman ini zaman online. Semua ilmu bisa diserap dari segala arah. Namun karena bisnis ini judulnya bisnis online, tentu saja ilmu yang paling fokus kupelajari adalah ilmu bisnis online khususnya media sosial.

đź’¦Bentuk Promosi di Media Sosialđź’¦

Jangan pikir jualan di media sosial itu gampang pake banget, cuma postang posting lalu pembeli berdatangan. Ada banyak sekali yang harus diperhatikan agar dagangan bisa menarik perhatian hingga orang yakin dan percaya dengan produk yang kita jual dan berujung closing. Salah satu hal penting diperhatikan dalam promosi di media sosial ini adalah KONTEN. Konten yang unik dipadu dengan caption yang mengena, akan punya peluang besar produk laku dipasaran. Sebaliknya, konten yang monoton dan membosankan tak akan di jamah oleh netizen. 

Adapun bentuk konten dalam bisnis online adalah:

1. Foto Produk

Ini adalah bentuk konten yang paling mainstream. Poto produk ditampilkan agar orang tau bentuk, kemasan, jenis hingga manfaat dari produk yang kita jual. Seorang olshoper harus memanjakan mata calon customer dengan foto produk yang menarik. Karena itu, belajar fotografi itu sangat penting. Setidaknya dasar-dasar fotografi via ponsel. Beda teknik memotret, beda pula hasilnya. Maka jangan di skip soal fotografi ini jika kamu seorang olshoper.

2. Content video

Nah, ini yang paling digandrungi saat ini. Kenyataannya, orang-orang sekarang lebih senang audio visual dari pada visual semata. Dan ingat, persaingan video pun sekarang semakin ketat. Jika tak lihai membuat video yang unik, maka dipastikan tak akan ada yang kecantol dengan produk yang kita jual. 

3. Capture testimoni

Ini sangat berpengaruh karena bisa meningkatkan trust seseorang akan suatu produk. Semakin banyak testimoni, maka peluang datangnya pelanggan baru pun akan semakin besar pula. Karena orang-orang biasanya mau melihat dulu hasil dari orang yang telah duluan mengkonsumsi. 

Demikianlah tiga bentuk promosi yang lagi marak di media sosial saat ini. karena itu, untuk bisa mendapatkan hasil poto dan video yang bagus, aku sebagai olshoper ini juga harus punya alat untuk mencapai tujuan ini. Dibutuhkan gawai yang punya performa dan kualitas tinggi khususnya dari segi RAM, internal memory, dan kualitas kamera yang mumpuni agar bisa jeprat-jepret produk dengan berbagai teknik hingga menghasilkan foto atau video yang menggiurkan. Gak cuma itu, memori penyimpanan yang besar pun akan sangat berguna untuk mengolekasi ratusan bahkan ribuan poto dan video produk agar punya bahan posting yang berbeda-beda setiap hari. Makanya, produk Asus yang paling anyar yang baru-baru ini launching jadi idaman banget buat emak olshoper kayak aku ini. ialah Asus Zenfone 9 dengan segala inovasi kualitasnya yang terbaik. 

đź’¦Gambaran Umum Asus Zenfone 9đź’¦

Dilaunching 17 November 2022 lalu, Asus Zenfone 9 berhasil menggegerkan dunia telepon genggam. Apa musabab? Ya itu, bodynya mungil tapi tenaganya seterong. Kayak pepatah lawas itulah, kecil-kecil cabe rawit, biar kecil tapi pedasnya menggigit. Si Zenfone ini pun demikian, biar dikata bentuknya mungil, tapi performanya gak secuil. Compact Size, Big Possibilities, begitu taglinenya kali ini, dan memang benar-benar pas untuk menggambarkan handphone canggih ya satu ini. 

Well, mari kita ulas secara umum tentang Asus Zenfone 9 ini, sebelum nantinya kita bahas fitur unggulan yang bikin Zenfone 9 kian mempesona. 

1. Fisik yang ringkas

Belakangan ASUS memang selalu mengupayakan produk terbarunya dengan tampilan ringkas. Tentu saja tujuannya agar penggunanya nyaman dan fleksibel dibawa kemana-mana. Tak ketinggalan si ASUS Zenfone 9 ini. Panjangnya kurang dari 14,8 cm dan lebarnya kurang dari 7 cm, dengan bobot 169 gram. Gak sampe seperempat kilo gais. Ckckckck. Auto ambil mistar dong, agar bisa memvisualkan secara konkrit sebesar apa handphone teranyar ini kira-kira.  Dan hasilnya, Masya Allah, imut dan menggemaskan. Kayaknya tepat banget itu handphone untuk ukuran tanganku yang juga imut. Pasti kukuh digenggaman.

2. Upgrade layar terbaik

Walau ukuran layar sama dengan Zenfone 8, yakni 5,9 inci, namun Zenfone 9 sudah menggunakan layar AMOLEDyang mendukung refresh rate sampai 120Hz yang secara otomatis bisa berpindah ke 60, 90, dan 120 Hz tergantung pada aplikasi atau konten yang sedang ditampilkan serta waktu respon 1ms. Sungguh amazing kecepatannya. Pengguna jadi bisa merasakan experience yang lebih smooth  saat mengakses berbagai aplikasi dan konten di ponsel ini. Untuk kemudahan mengakses konten di luar ruangan, layar ini sudah memiliki tingkat brightness sampai 800 nits (100% APL) dan peak maximum brightness 1100 nits, sehingga bisa dilihat di ruangan terang sekali pun. Alamak oiii, pastinya cucok ini untuk orang yang sering beraktivitas di luar ruangan alias yang sering bersahabat dengan teriknya mentari bumi. Kombinasi antara layar yang cepat, jernih dan kaya warna membuat ponsel ini menjadi ponsel yang memiliki visual terbaik. 

3. Hadir dengan 4 pilihan warna

Pilihan warna Zenfone 9

Moonlight White, Sunset Red, Starry Blue dan Midnight Black bisa jadi pilihan. Nama-nama warnanya kayak romantis kali. Pas nyebutnya timbul nuansa jatuh cinta. Sayangnya gak ada warna Pink kesukaan aku.  ASUS, tambahin 1 warna lagi dong, Girly Pink. Hehe.. 

Kamu suka yang mana? 

Aku sih karena gak ada pink, pilihan warna jatuh kepada Moonlight White. Ini karena aku pecinta rembulan purnama, jadi warna yang ada kata “moon”nya jadi daya tarik tersendiri bagiku. Lebay? Biarin aja. Aku kan orangnya romantis. Haha..

đź’¦Spesifikasi Unggulan Zenfone 9đź’¦

Yupz! Bagian ini yang paling ditunggu-tungu. Apa sih yang bikin Zenfone 9 jadi istimewa hingga layak untuk dimiliki? OK lah gais, mari kita telusuri keistimewaan yang dihadiahkan Zenfone 9 untuk para penggunanya.

1. Kamera Gimbal

Ya ampuuuun, ini Asus bikin gemeuush deh. Soalnya yang pertama kali kuingat ketika disebut Gimbal saat live launchingnya adalah rambut kribo yang mekar di kepala lelaki berkulit gelap dan berperawakan unik.  Jadi jangan bully aku kalo saat dengar spek unggulan ponsel ini kamera gimbal bikin kepalaku pusing membayangkan bagaimana bentuknya itu kamera gimbal. Apakah lensanya keriting kayak rambut abang kribo, atau....Ah, sungguh gak terbayang. Tapi itulah baiknya ASUS, ia tak membiarkan orang-orang penasaran. Ternyata apa yang disebut gimbal itu tergambar jelas di kelas Zenfone Academy sesi 2. 

Jadi gais, Zenfone 9 ini dirancang dengan dua kamera belakang dan satu kamera depan yang sudah sama-sama pro-grade. keunggulan Zenfone 9 ini adalah sistem kameranya yang terbaru, yakni menggunakan teknologi 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilization yang dibenamkan pada kamera utamanya sehingga mampu merekam video dengan tingkat stabilitas tinggi bebas blur dan guncangan sekalipun kita bergerak. 

6-Axis Hybrid Gimbal Stabilization

Coba perhatikan gambar di atas. Ternyata yang disebut teknologi gimbal itu yang ada tanda panah dengan 6 titik itu. Jadi mereka berfungsi untuk mengapit lensa kamera utama agar tidak bergerak maupun bergeser. Bisa dibilang lensa kameranya jadi punya dudukan yang sangat kuat, makanya bisa menghasilkan rekaman video yang stabil karena lensanya kukuh pada tempatnya. Bahkan saat kita mengalami guncangan saat merekam pun, kamera tetap stabil. Dengan kemampuan ini, kamera utama Zenfone 9 akan merekam objek apapun tanpa distorsi optik atau ‘ghosting’. Ditambah algoritma anti-guncangan  dalam system Electronic Image Stabilization (EIS) akan mengeliminasi lebih banyak lagi dampak gerakan yang tak diinginkan. Alhasil, video yang direkam jadi super smooth, bebas goyangan, jadi terkesan seperti video profesional. 

Selain teknologi 6-Axix Hybrid Gimbal Stabilization, kamera utama yang beresolusi 50MP ini juga dilengkapi dengan sensor flagship dari SONY IMX766 dengan aperture sampai F1.9 dan mampu merekam video 8K dengan kecepatan 24fps. 

Kamera kedua di belakang memiliki lensa ultra-wide yang beresolusi 12MP. Maksud dari lensa ultra-wide itu adalah lensa yang mampu menjangkau sudut objek lebih lebar, sehingga objek yang akan di capture bisa lebih luas dengan sendirinya tanpa perlu mundur atau menjauh dari objek saat kita melakukan penjepretan. Untuk kamera kedua ini menggunakan sensor SONY IMX363 dengan aperture sampai F2.2 dan mampu merekam video 4K pada kecepatan 60fps dengan EIS dan penoreksi distorsi yang real-time, serta mampu merekam gambar makro (objek kecil) dengan fokus sampai jarak 4cm. 

Sedangkan kamera depan menggunakan sensor SONY IMX663 dengan aperture sampai F2.45 dan mampu merekam video 4K dengan kecepatan 30fps atau FHD dengan kecepatan 60fps, dan tentu saja juga disertai dengan teknologi EIS. 

Ambooiii, udah kebayang gimana bagusnya poto dan video produk skincareku jika pakai kamera Zenfone 9 ini. Tinggal akunya yang mesti upgrade diri dengan mempelajari teknik-teknik pengambilan video yang bagus serta membuat konsep unik kontennya. 

2. Performa Tinggi

Sebuah smartphone akan lebih terasa sempurna jika tenaganya kuat. Karena itu, Zenfone 9 pun memilih prosesor flagship terbaru berupa Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform. Dimana prosesor ini diklaim sebagai prosesor yang memberikan performa terbaik di era 5G. Chip anyar ini mampu mencapai CPU clock speed sampai 3,2 GHz sehingga menghasilkan performa CPU dan GPU 10% lebih tinggi namun dengan efisiensi CPU 30% dibandingkan sebelumnya. Untuk meminimalisir potensi bottleneck, Zenfone 9 dilengkapi dengan LPDDR5 RAM sampai 16GB dan UFS3.1 storage. 

3. Konektivitas Wi-Fi paling ngebut

Ini penting banget dipertimbangkan. Sebab Wi-Fi sekarang telah menjadi karib semua kalangan. Bahkan sebagian orang kini mencari tempat nongkrong bukan lagi sekedar mengutamakan menu makanan apa saja yang bisa dinikmati di tempat tongkrongan, tapi yang lebih dulu di cek adalah; ada Wi-Fi gratis gak? Haha..  Kadang  pesan menunya cuma segelas kopi, tapi numpang Wi-Finya bisa berjam-jam. Hayoooo, ngaku siapa yang begitu?

Nah, buat kamu para shohibul wi-fi, ketahuilah bahwa Zenfone 9 memiliki konektivitas Wi-Fi paling ngebut berupa Wi-Fi 6E yang lebih stabil, lebih cepat bakan dalam kondisi crowded sekalipun. 

4. Kapasitas baterai yang besar

Ini lagi tak kalah penting. Sebab jika sedang dalam perjalanan jauh, baterai yang dayanya awet bikin hati tenang banget dalam perjalanan. Jadi mukjizat juga bagi orang yang pelupa kayak aku, karena tidak perlu ngecharge lagi di rest area yang rawan ketinggalan karena lupa saat akan melanjutkan perjalanan kembali. 

Zenfone 9 menggunakan baterai berkapasitas 4300mAh untuk penggunaan seharian lebih. Meminjam teknologi STP (Specific Tab Process) dari ROG phone 6, pengisisan baterai jadi lebih adem dan cepat, sehingga Zenfone 9 bisa menggunakan adaptor HyperCharger 30W untuk pengisian ulang yang lebih cepat. Ya sekitar setengah jam lah kira2. 

5. Audio jernih

Gak cuma ngonten, Zenfone 9 juga entertain banget. Sebab kualitas audio yang dihadirkan jernih banget, sehingga untuk mendengarkan musik atau nonton channel YouTube langganan jauh lebih nyaman. ponsel ini menghasilkan kualitas audio yang impresif dari dua speaker linier yang di suport oleh smart amps dari Qualcomm Aqstic™ dan jack audio 3,5mm yang menggunakan Qualcomm Aqstic DAC terbaru. 

6. Kemanan Terkini


Yap! Ini bagian penyempurna dari menawannya pesona ASUS Zenfone 9 kali ini. layarnya diproteksi Corning Gorilla Glass Victus, dimana Corning Gorilla Glass Victus ini merupakan lapisan kaca sebagai pelindung layar ponsel yang dikalim tahan banting meski jatuh dari ketinggian kurang lebih 2 meter di permukaan yang keras, dan empat kali lebih tahan gores dibanding kaca  pelindung yang terbuat dari aluminosilicate. Jadi si ASUS Zenfone 9 sudah pasti gak mudah lecek dan kucel. #auto lihat ponselku yang kini kumal karena anak-anakku sering megang saat tangan mereka kotor bekas sisa makanan, dan cara pegangnya pun kadang ngasal hingga tergores. 

Selain itu, Zenfone 9 juga sudah tersertifikasi IP68 yang berarti ponsel ini sudah anti air dan debu. Alamak oiii, bikin ngences aja pun si Zenfone. Jadi gak khawatir ya kalo kehujanan di jalan dan ponsel ada dalam tas yang tembus air, dan gak khawatir juga ponselnya debuan meski di tempat yang gersang. Nyaman banget berarti dipakai di segala situasi dan lingkungan apa pun. 

Demikian ya ulasan Zenfone 9 yang meski dimensi bodynya mungil, tapi teknologi yang dibenamkan terbaru semua. Sehingga ponsel ini benar-benar powerful, garang, namun tetap ramah lingkungan. Untuk lebih jelasnya, bisa lihat detailnya di Table Spek di bawah ini. 

tabel spek zenfone 9


Mahar Pinangan ASUS Zenfone 9

Setelah lengkap ulasan fitur dan keunggulan Zenfone 9 ini, jadi kekira berapalah harganya ya? jangan terkejut ya, Edak. Ada rupa ada harga. Tinggal sesuaikan aja dengan kebutuhan dan kocek Edak. Ada 3 pilihan sesuai dengan kapasitas penyimpanan yang diinginkan. Untuk Zenfone 9 dengan kapasitas penyimpanan 6GB/128GB, dibandrol dengan harga Rp. 7.999.000-, dengan 4 warna pilihan yang sudah kita bahas di atas. Sedangkan untuk kapasitas penyimpanan 8GB/256GB bisa dipinang dengan harga Rp. 9.999.000-,. Untuk yang ini hanya ada 2 pilihan warna, yakni Midnight Black dan Moonlight  White. Dan yang terakhir, ASUS Zenfone 9 dengan varian penyimpanan 16GB/256GB sile dipinang dengan mahar Rp. 11.999.000-,.

FYI, varian 6GB/128Gb dan 16GB/256GB sudah tersedia di pasaran sejak 17 November lalu ya bestie. Sedangkan untuk varian 8GB/256GB baru akan tersedia di akhir Desember 2022 ini. 

Buat kalian yang mau beli Zenfone 9, udah bisa kalian dapatkan melalui partner dan channel pembelian resmi produk ASUS antara lain Erafone, Tokopedia, ASUS Exclusive Store, ASUS Online store. Atau kalian bisa lakukan pembelian di sini.

Yuhhuu..tahun baru, HP baru. Lancar usaha, laris manis bisnis, kencangkan do’a, insya allah aku bisa meminang si manis Zenfone 9 ini untuk mengahdirkan konten produk yang lebih ciamik, agar semakin luas mitra dan konsumen hingga ke mancanegara.

Harga Zenfone 9
"Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS Zenfone 9 Blog Writing Competition di Blog Widyanti Yuliandari". 




Tidak ada komentar

Posting Komentar