Search

Rekomendasi Tempat Wisata di Danau Toba Parapat

Danau Toba
sumber: wikipedia
padahal aku punya banyak poto-poto di Danau Toba ini,
tapi filenya tersimpan di laptop yg kini rusak.. hikss


Pesona Danau Toba selalu terpatri di palung hati. Aku yang sudah hampir 10 tahun meninggalkan Sumut selalu merindu negeri 1001 marga itu. Meski sudah beberapa kali ke Dantob alias Danau Toba, tetap saja belum terkesplor semua wisata yang ada di sana. Aku baru sempat pergi ke Samosir dan Air Terjun Sipiso-Piso. Sayangnya, poto-poto yang ada di sana tersimpan di laptop yang kini sudah rusak. hiksss....

Danau toba menjadi danau vulkanik terbesar di Asia. Kaldera tersebut terbentuk dari proses pasca erupsi supervolcano supranatural letusan Toba Purba, kemudian diisi oleh air hujan. Ada banyak sekali tempat wisata di Danau Toba Parapat yang ternyata menarik dieksplorasi.

Jika Kamu kebetulan sedang di Danau Toba atau berencana untuk pergi ke wisata ini, maka jangan lupa untuk mengunjungi destinasi yang ada di sekitarnya. Apa sajakah destinasi di dekat Danau Toba yang tidak kalah indahnya untuk coba dijelajahi?

Tempat Wisata di Sekitar Danau Toba Parapat

1. Desa Tomok

doc. batakpedia


Desa Tomok terletak di pintu gerbang Pulau Samosir. Tomok adalah desa tradisional dengan budaya tradisi dan budaya Batak yang kental. Saat memasuki desa ini, Kamu akan disambut oleh rumah-rumah adat beserta boneka Sigale-gale.

Jika beruntung, Kamu bisa menyaksikan penduduk setempat melakukan Tari Tor-tor untuk menyambut para tamu. Kamu bisa menemukan Museum Batak dan makam tua Raja Sidabutar yang pertama menginjakkan kaki di pulau ini. Kamu juga bisa menemukan beberapa oleh-oleh, seperti produk Batak dan makanan di desa ini.

2. Air Terjun Binanga Bolon

Hampir sama indahnya dengan wisata Taman Safari Bogor, ada air Terjun Binanga Bolon yang terletak di pemukiman penduduk dan seru untuk dijelajahi. Hanya saja  untuk mencapai air terjun ini Kamu mungkin harus melewati medan yang berat.

Selama berada di sini, pastikan untuk berfoto atau berenang di sekitar area air terjun. Pastikan juga untuk menjaga keamanan saat Kamu berenang karena arusnya cukup deras.

3. Air Terjun Sipiso-piso

Air terjun sipiso-piso
doc: dispar sumut


Air Terjun Sipiso-piso  bentuknya seperti pisau “sipiso-piso” Namanya berasal dari bentuk air terjun yang menyerupai bentuk pisau (sipiso-piso dalam bahasa aslinya).  Air Terjun Sipiso-piso juga dikenal sebagai air terjun tertinggi di Indonesia.

Wisata satu ini terletak di dekat Desa Tonggiang di tepi utara Danau Toba.Air terjun ini juga dikelilingi oleh vegetasi yang subur dan pegunungan. Jika Kamu menyukai petualangan, Kamu juga bisa melakukan trekking!

4. Danau Sidihoni

Danau Sidihoni terletak di tengah Danau Toba. Kamu mungkin mengira di Pulau Samosir hanya ada Danau Toba, tapi ternyata ada satu lagi. Danau Sidihoni dijuluki sebagai danau di dalam danau, dan juga menjadi salah satu daya tarik wisata di Pulau Samosir.

Fenomena danau di dalam danau lain bukanlah hal yang umum di dunia, jadi jika kamu berencana mengunjungi Danau Toba, maka  harus mengunjungi Danau Sidihoni juga.

5. Taman Eden 100

Jika Kamu ingin ketenangan dikelilingi oleh tanaman hijau, maka Kamu harus mengunjungi Taman Eden 100. Tempat ini sangat cocok untuk trekking hutan, mengejar air terjun, dan bahkan berkemah.

Jika Kamu hanya ingin bersantai dalam suasana yang menyegarkan, Kamu dapat menikmatinya di kedai kopi sekitar yang kuno.

Kedai kopi terletak di dalam taman, dan Kamu dapat mencoba kopi dengan campuran pada Kamuliman yang terkenal. Lada kamuliman merupakan salah satu komponen masakan Batak yang sangat populer yang memiliki rasa tajam seperti peppermint.

sumber: tribun.medan

Ada banyak sekali tempat wisata di Danau Toba Parapat yang bisa ditelusuri jika kamu sedang di Sumatera Utara. Jika punya banyak waktu, kunjungilah destinasi-destinasi di atas!


Tidak ada komentar

Posting Komentar