Search

Senyumuslim Bengkulu, Galeri Busana Muslim Pilihan

Senyumuslim Bengkulu

Mungkin pada sebagian orang sudah tidak asing lagi di telinga nama Senyumuslim ini. Sebab galeri Senyumuslim ini ada hampir di seluruh kota-kota besar yang ada di Indonesia. Aku sendiri sudah kenal nama ini sewaktu menempuh perguruan tinggi di kota Medan dulu. Apalagi di kalangan aktivis kampus, Senyumuslim menjadi tempat ‘healing’ terendiri dong. Karena galeri ini menyediakan kebutuhan muslim mulai dari buku, aksesori, hingga busana.

💦Sejarah Senyumuslim Bengkulu💦

Di Bengkulu, Senyumuslim hadir pada tanggal 13 Juli 2006 yang didirikan oleh Kak Lisna. Keinginan membuka Galeri Senyumuslim ini karena pada saat itu tidak mudah mendapatkan kebutuhan muslim di Bengkulu ini terlebih busana muslim. Sebab itu Kak Lis mencoba bermitra dengan Senyumuslim dengan menjadi franchisor. Tak ada bakat bisnis saat itu, namun karena beliau juga ingin mengambil bagian sebagai muslim yang bermanfaat bagi umat, maka beliau memberanikan diri untuk membuka galeri Senyumuslim yang dengan itu beliau membuka lapangan pekerjaan untuk membantunya merintis dan mengembangkan usaha ini. “sekaligus menjadi ladang dakwah”, katanya saat kutemui di suatu sore di penghujung bulan lalu.

Dulu, produk-produk Senyumuslim ini lebih fokus pada buku-buku Islami. Seiring waktu, produknya merambah pada dunia fashion mengingat semakin meningkatnya kebutuhan baju muslim di kalangan muda maupun tua. Laki maupun perempuan.

Senyumuslim dibuka dengan sistem kontrak dengan pusat. Di mana saat itu kontrak diteken selama 5 tahun. Namun entah musabab apa, tetiba kantor pusat di Jakarta tutup, sedang kontrak dengan Kak Lis baru jalan 2 tahun. Alahoi, tak dapat kubayangkan gimana limbungnya Kak Lis waktu itu. 2 tahun itu baru bayi banget untuk seorang pebisnis pemula seperti Kak Lis. Kantor pusat pun tak ada penjelasan kenapa mereka sampai tutup. 

Kak Lis terseok-seok sendiri mencari cara untuk tetap bertahan. Belajar ke sana ke mari demi bisa menghidupkan bisnis sendiri. Begitulah, janji Allah selalu pasti. Siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan mendapat. Apa yang diperjuangkan akhirnya memberi warna baru dengan keluarnya nomor HAKI. Terbersit keinginan untuk mengganti nama usaha pada waktu itu, tapi karena nama Senyumuslim telanjur melekat di hati pelanggan, akhirnya nama itu tetap dipertahankan, dengan catatan Senyumuslim Bengkulu tidak ada lagi sangkut pautnya dengan Senyumuslim yang dulu berpusat di Jakarta. Senyumuslim Bengkulu sudah punya nomor HAKI sendiri; IDM000662873.

Ethica Store

💦Roda Bisnis Senyumuslim Bengkulu💦

“Enak ya si A bisnisnya lancar”.

“Enak ya si B omset perhari sekian jeti”

“Enak ya si C  butiknya udah di mana-mana”.

Begitulah! Seringnya orang cuma menilai saat udah jadinya aja. Padahal ownernya sudah melewati kerikil tajam, bebatuan, jalanan terjal hingga hampir masuk jurang yang dalam. Gak usah jauh-jauh. Aku pun sering menilai orang begitu. Membandingkan dengan bisnis yang sedang kurintis saat ini. Merasa aku gak beruntung dalam bisnis karena masih minim sekali omset yang dihasilkan. Duh, setan memang lihai sekali mengambil celah untuk bikin kita kufur ya. Tersadar ketika ada kesempatan berbincang dengan beberapa pengusaha di kota ini yang bisnisnya sedang bagus-bagusnya. Hampir seluruhnya mereka cerita soal perjuangan yang berdarah-darah untuk mencapai titik ini. Pun dalam kurun waktu yang bukan kilat. Aku belum apa-apa ternyata. 

Owner Senyumuslim
Bersama Kak Lisna, owner Senyumuslim

Begitu pun dengan Senyumuslim ini. dalam kurun 17 tahun berdiri, setidaknya tercatat 3 kali jatuh dan terpuruk, yakni di tahun 2011, 2017, dan di masa pandemi covid. Di sinilah ujian mental pebisnis. Jika tak tangguh, maka tamatlah bisnis yang dirintis. Namun jika semangat bangkit dan belajar dari kegagalan, maka kesuksesan akan diraih. Tak mudah memang. Tapi untuk menang butuh perjuangan dan pengorbanan bukan?

Dari yang dulunya menjual buku-buku Islami, sekarang Senyumuslim Bengkulu telah bertranformasi menjadi retail produk busana muslim branded khususnya produk Ethica dan Seply. Tak hanya itu, toko ini juga menyediakan berbagai kebutuhan muslim seperti aksesori, kaos kaki, anak jilbab, Al-Qur’an, kosmetik, perlengkapan haji, dll. 

Produk Ethica

💦Visi Misi Senyumuslim💦

Tak bisa dipungkiri, visi misi menjadi salah satu alasan untuk tetap bertahan membangun bisnis. Ia semacam api pemantik semangat saat keadaan sedang tidak baik-baik saja. Itulah mengapa di awal membangun bisnis penting sekali dibuat visi misi ini, agar kinerja juga jadi lebih terarah. 

Senyumuslim sendiri punya visi misi yang unggul, yakni:

Visi

Menjadi jaringan toko retail koleksi muslim  terkemuka dan terlengkpap di setiap kabupaten/kota dan kecamatan di Indonesia, berorientasi pada pemenuhan kebutuhan busana muslim branded, serta mampu bersain secara global tahun 2026.

Misi

1. Memberikan kepuasan pada pelanggan/konsumen dengan berfokus pada produk dan pelayanan yang berkualitas.

2. Selalu menjadi yang terbaik dengan segala hal yang dilakkan dengan selalu menegakkan tingkah laku/etika bisnisyang tertinggi.

3. Ikut berpartisipasi dalam membangun negara dengan menumbuh kembangkan jiwa kemitrausahaan.

4. Membangun organisasi global yang terpercaya dan tersehat, serta terus bertumbuh dan bermanfaat bagi pelanggan, karyawan, pemegang saham dan masyarakat umum. 


Dalam mewujudkan visi misi ini, Senyumuslim menjunjung 10 budaya yang mesti diterapkan agar tetap dekat di hati pelanggan sesuai dengan tagline yang diusung, “Belanja Terdekat di Hati Umat”. 10 budaya tersebut yakni: 

- Disiplin – Eksekusi

- Belajar – Terbuka

- Partnership – Kemitraan

- Kualitas Tinggi

- Result Oriented

- Kera Keras – Action

- Strong Leadership

- Customer Oriented

- Inovasi Tiada Henti

- Integritas Tinggi

10 budaya ini nampaknya sejalan dengan filosofi Senyumuslim yang berarti keramahan. Ramah dalam melayani pelanggan serta memberi kemudahan dalam berbelanja demi tegaknya syari’at Islam, salah satunya dengan menjadi sentra pakaian syar’i yang dekat di hati muslim. 

💦Mau Cuci Mata? Ini Lokasinya💦


Warga Bengkulu gak usah khawatir, toko Senyumuslim terletak di pusat kota kok, jadi akses dan jangkauannya mudah. Apalagi sekarang masih ada bazar dengan bertabur diskon, jadi jangan sia-siakan kesempatan. Kapan lagi punya baju branded harga nyungsep ye kan? So, cuss ke :

Senyumuslim Gallery 1

Jln. Dempo 4 RT 14 no 40 Kebun Tebeng Kecamatan Ratu Agung.

Masuk simpang gereja tebeng, langsung belok kiri belakang Indomaret sampai ketemu gang kedua sebelah kanan. Rumahnya nomor 2 setelah masuk gang, depan rumah ada tulisan Senyumuslim Gallery

Maps:

https://maps.app.goo.gl/AmjqZQD5ZgQUiwF4A

Waktu Operasional:

Setiap hari, 08.00 -17.00 WIB

Senyumuslim Gakkery 2 (Ethica Store Ethica dan Seply Bengkulu)

Jln. Dempo Raya (Depan TK Tunas Harapan) Sawah Lebar (Kalau dari stadium sebelah kanan, dari Panorama sebelah kiri).

Maps:

https://maps.app.goo.gl/iS8dF9ToXd2yj91R8

Waktu Operasional:

Setiap hari, 08.00 – 21.00 WIB

Kontak WA : http://wa.me/6281373422622

Yang belum sempat mampir, bolehlah cuci mata dulu ke Gallery Onlinenya di:

1. Facebook: 

https://www.facebook.com/senyumuslim.bengkulu.35

2. Instagram:

https://instagram.com/senyumuslim_store

Bagi yang punya ruko kosong ukuran 4x5m (di luar gudang stok), boleh banget join mitra Senyumuslim untuk brand Ethica dan Seply. Dapatkan free tenda bazar, support produk selama 3 bulan, tas belanja, ID card, dll. More info bisa langsung hubungi kontak di atas ya. 




12 komentar

  1. saya kebetulan kenal baik dengan ownernya Senyummuslis mba Lisna, beliau baek banget. Sejak masih di Tanah Patah hingga stay di tempat sekarang dengan beragam produknya saya yakin Toko Senyummuslim makin berjaya. Walaupun sempat nge-tam di rumah beberapa waktu dan kini dengan produk berkualitas Senyummuslim mampu bersaing.

    BalasHapus
  2. Namanya unik banget ya senyumuslim, beda dari yg lain. Emang perjalanan bisnis itu gak selamanya mulus selalu ada kendala. Tidak ada satu bisnis pun yang untung dan mulus terus. Pasti ada pernah mengalami kerugiannya. Ternyata hal tersebut juga dialami senyumuslim ya. Dari mulai toko buku sekarang fashion. 17 tahun bukan waktu yang sebentar. Semoga lancar dan sukses terus yaa senyumuslim 😊

    BalasHapus
  3. Pernah usaha franchise jg tp bidang kuliner. Uang dibawa kabur yg jg. Hebat senyum muslim bs bangkit dr beberapa kali jatuh. Baru tahu sih nama ini, sepertinya menarik buat join.

    BalasHapus
  4. perjalanan bisnis itu memang setiap orang beda. - beda yah, semoga lancar dan sukses selalu yah

    BalasHapus
  5. Salut banget sama orang yang berkali-kai jatuh dalam membangun bisnis tetap maju terus. Saya harus banyak belajar nih dari senyum muslim dala menjalankan bisnis.

    BalasHapus
  6. Wah menarik ya yang mau join bisnisnya. Ternyata masih satu grup sama ethica ya

    BalasHapus
  7. perjalanan bisnisnya nggak mudah ya mbak. kebayang pasti bingungnya udah teken kontrak yang di pusat malah tutup
    semoga makin lancar dan sukses senyum muslim

    BalasHapus
  8. aku pernah nyoba usaha jilbab tapi akhirnya karena banyak yang banting harga, aku bangkrut hehehe
    tapi nggak apa-apa namanya juga belajar ya kan, keren ini senymuslim semoga terus menginpirasi muslim tanah air

    BalasHapus
  9. Baca nama merknya jadi pengen senyum mulu, unik namanya. Semoga usahanya berkah, sukses dan lancar terus.

    BalasHapus
  10. Model bajunya beneran bikin pengen. Siap berburu baju muslimah kembali di sana

    BalasHapus
  11. Banyak pilihan ya mba. Aku masih belum sempat mau ke Senyumuslim. Padahal udah mupeng sejak lama. Huhuu

    BalasHapus
  12. Senyumuslim ini dari jaman kuliah langganan banget soalnya relate sama kebutuhan mahasiswa 🤩

    BalasHapus