Search

7 Hal yang Harus Dipikirkan sebelum Memilih Sekolah Anak

mche-lee-PC91Jm1DlWA-unsplash

Unsplash

Apa kabar para emak yang anaknya udah mask usia sekolah? Libur semester satu udah hampir selesai nih. beberapa sekolah pun udah mula buka pendaftaran buat siswa baru. gimana? gimana? udah milih sekolah untuk anak kesayangannya? Kalo belum, baiknya bacs info penting ini ya mak.

Sekolah ialah salah satu lingkungan yang memengaruhi perkembangan anak. Hal ini disebutkan dalam jurnal The Role of School in Developing Student Development Tasks (2021) yang mengutip perkataan James (2003).  Maka dari itu, orang tua perlu mempertimbangkan berbagai hal secara matang sebelum memilih sekolah anak.

Tak perlu khawatir jika orang tua masih belum tahu apa saja yang harus dipertimbangkan karena uraian di bawah ini akan membahasnya. Obligasi Pemerintah pun siap mendukung orang tua dalam mewujudkan pendidikan yang terbaik untuk si kecil.

Aspek yang Harus Dipikirkan Sebelum Memilih Sekolah

Saat ini, ada banyak jenis sekolah yang tersedia dan bisa dipilih. Namun sebelum melakukannya, orang tua harus mempertimbangkan berbagai aspek agar anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Berikut beberapa di antaranya:

  • Karakter Anak

Karakter anak adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua saat memilih sekolah. Hal ini disebabkan setiap anak memiliki karakter yang berbeda sehingga kebutuhan sekolahnya pun berbeda pula.

Orang tua bisa memperhatikan karakter tersebut dari kehidupan sehari-hari anak. Misal jika seorang anak suka bermain di luar dan merasa bahagia saat mengeksplorasi alam, maka orang tua bisa mempertimbangkan sekolah alam.

Orang tua bisa meminta bantuan psikolog profesional untuk lebih memahami karakter anak. Biasanya, psikolog akan memberikan berbagai tes kepada anak untuk menganalisisnya.

  • Sistem Sekolah

Orang tua juga perlu memperhatikan sistem sekolah saat hendak memilihnya. Misalnya, bagaimana cara guru mengajarkan kepada anak, berapa jumlah anak di dalam kelas, kurikulum yang dipakai, hingga peraturan apa saja yang diterapkan di sana.

Hal-hal tersebut bisa ditanyakan langsung kepada sekolah. Selain itu, orang tua juga bisa bertanya kepada orang tua lain yang menyekolahkan anaknya di sana. Orang tua pun bisa mencari referensi kepada orang tersebut terkait sekolah yang tepat.

Di samping itu, beberapa sekolah sering mengadakan open house setiap tahunnya. Orang tua pun bisa mengikuti acara ini untuk mengenali sekolah tersebut lebih jauh.

  • Kebutuhan Orang Tua

Setiap orang tua pasti mempunyai kebutuhan maupun keinginan yang berbeda bagi anaknya. Misalnya, ada orang tua yang lebih suka jika anaknya mengenyam pendidikan di sekolah agama. Ada juga orang tua yang lebih suka jika anaknya belajar di sekolah internasional dengan siswa multikultural.

Kebutuhan-kebutuhan seperti ini bisa dipertimbangkan oleh orang tua sebelum memilih sekolah yang tepat untuk anak. Hal tersebut bisa dikomunikasikan kepada anak. Namun sebaiknya, orang tua tetap tak memaksakan kehendak jika anak mempunyai pikiran lain selama hal itu baik baginya.

erika-fletcher-MZxqc6n9qCw-unsplash

Unsplash

  • Kecocokan Anak

Orang tua sebaiknya melibatkan anak saat hendak memilih sekolah karena bagaimanapun juga, anak-lah yang akan menjalani hari-harinya dan belajar di sana. Jika tidak cocok, maka anak pun tak bisa menyerap ilmu dengan tenang, bukan?

Oleh sebab itu, orang tua perlu menanyakan pendapat anak terkait sekolah yang akan dipilih. Orang tua pun perlu menjelaskan kepada anak mengenai hal-hal apa saja yang ada di sekolah tersebut.

Bila perlu, orang tua mengajak anak ke sekolah bersangkutan secara langsung. Dengan demikian, anak bisa mengetahui suasana sekolah ini sebelum membuat keputusan.

  • Jarak

Jarak kerap menjadi masalah bagi orang tua. Terlebih lagi jika tinggal di daerah macet dan orang tua hanya mempunyai waktu yang singkat untuk mengantar jemput anak karena kesibukan pekerjaan.

Oleh sebab itu, orang tua perlu mempertimbangkan jarak sekolah dengan rumah. Apabila jaraknya cukup jauh dari rumah, orang tua bisa mempertimbangkan untuk menggunakan fasilitas antar jemput atau supir pribadi.

Selain itu, beberapa sekolah menyediakan asrama bagi siswanya terutama mereka yang telah duduk di sekolah lanjutan. Fasilitas ini juga bisa dipertimbangkan oleh orang tua jika jarak sekolah terlalu jauh dari rumah.

  • Kualitas Sekolah

Kualitas sekolah tentu akan mempengaruhi persaingan hingga perkembangan siswa. Oleh sebab itu, orang tua perlu memperhatikan hal ini dengan seksama sebelum memilihnya.

Kualitas sekolah ini bisa dilihat dari berbagai aspek. Misalnya adalah peringkat sekolah tersebut di suatu daerah hingga prestasi siswa baik akademik maupun non akademik. Orang tua bisa mencari informasi tersebut dengan mudah di internet.

  • Biaya

Biaya adalah salah satu hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih sekolah anak. Jadi, orang tua perlu memikirkan biaya apa saja yang diperlukan dan berapa jumlahnya. Setelah itu, orang tua bisa mulai mempersiapkannya sedini mungkin.

Orang tua tak perlu risau saat mulai merencanakan keuangan untuk sekolah anak. Sebab, Obligasi Pemerintah adalah solusi! Ini merupakan salah satu instrumen investasi yang berupa surat utang dari pemerintah negara. Orang tua bisa memanfaatkan hasil investasinya untuk biaya sekolah anak.

Berinvestasi Obligasi Pemerintah bersama Perbankan Prioritas DBS Treasures

Saat ini, ada berbagai pihak yang bisa menjadi mitra untuk berinvestasi Obligasi dari pemerintah. Salah satunya adalah perbankan prioritas DBS Treasures. Obligasi dijamin undang-undang. Tentunya dengan jangka waktu sesuai preferensi serta mata uang IDR, USD, dan EUR.

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Informasi selengkapnya mengenai investasi Obligasi Pemerintah dengan perbankan prioritas DBS Treasures bisa dilihat di sini.


Tidak ada komentar

Posting Komentar